Ritual Ma’nene Tradisi Mistis Mayat Berjalan di Tanah Toraja

Rabu, 12 Januari 2022 - 17:53 WIB
loading...
Ritual Ma’nene Tradisi Mistis Mayat Berjalan di Tanah Toraja
Seorang wisatawan mengabadikan ritual Manene di Tana Toraja yang merupakan tradisi mistis mayat berjalan di daerah itu. Foto: iNewsTV/Jufri Tonapa
A A A
TANA TORAJA - Kabupaten Tana Toraja , Sulawesi Selatan ( Sulsel ) dikenal luas hingga mancanegara karena tradisi dan adat istiadatnya yang masih terjaga dan lestari hingga kini.

Bahkan masayarakat dunia takjub akan tradisi turun temurun yang hingga kini terpelihara dengan baik. Salah satunya adalah ritual Ma’nene, tradisi mistis mayat berjalan yang dilakukan suku Toraja setiap tahun.

Ritual Ma’nene Tradisi Mistis Mayat Berjalan di Tanah Toraja



Ma'nene adalah tradisi berbau mistis, ritual mengganti pakaian jenazah leluhur atau kerabat keluarga yang sudah meninggal.

Tradisi ini dipercaya sudah ada sejak ribuan tahun lalu dan tetap dilestarikan hingga saat ini. Bahkan menjadi salah satu budaya yang cukup langka di dunia.

Ma'nene dapat dijumpai di Kabupaten Toraja Utara setiap bulan Juli, hingga puncaknya pada Agustus, usai panen padi masyarakat di Kecamatan Rindingallo dan sekitarnya.



Ratusan mayat dikeluarkan seperti berjalan dari kompleks pemakaman khas Toraja, atau orang Toraja biasa menyebutnya Patane.



"Ini sebagai penghormatan kepada leluhur kami, terlihat dengan kami mengganti pakaian jenazah mereka para pendahulu kami, ini adalah bentuk cinta kasih kami," kata Y. Tarukbua, tokoh masyarakat Rindingallo.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4058 seconds (0.1#10.140)