Gempa M 5,1 Berpusat di Daratan Guncang Maluku Utara, Getarannya Sempat Bikin Panik

Sabtu, 08 Januari 2022 - 18:23 WIB
loading...
Gempa M 5,1 Berpusat di Daratan Guncang Maluku Utara, Getarannya Sempat Bikin Panik
Gempa bumi magnitudo 5,1 mengguncang wilayah Maluku Utara. Foto/BMKG
A A A
MALUKU UTARA - Gempa bumi yang berpusat di daratan, dengan kekuatan mencapai magnitudo 5,1 mengguncang wilayah Maluku Utara. Getaran gempa bumi yang dirasakan disejumlah wilayah tersebut, sempat membuat warga panik.



Data BMKG Ternate menunjukan, aktivitas gempa terjadi di wilayah Halmahera Utara, dengan koordinat 1.54 LU, dan 127.83 BT. Pusat gempa berada di kedalaman 10 km dan berjarak 8 km barat laut Kabupaten Halmahera Utara.



Gempa terjadi Sabtu (8/1/2022), sekitar pukul 18.53 WIT. Guncangan gempa bumi ini dirasakan dibeberapa daerah seperti di Tobelo, Ternate, Weda, dan Jailolo dengan intensitas III MMI. Sementara di Daruba dan Tidore dengan skala intensitas II MMI. BMKG memastikan gempa bumi tidak berpotensi memicu tsunami.



Masyarakat diimbau agar tetap tenang, dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Warga juga diminta menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa.



Sebelum kembali ke rumah, warga diminta memeriksa dan memastikan bangunan tempat tinggalnya tahan gempa, serta tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang dapat membahayakan kestabilan bangunan.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1725 seconds (0.1#10.140)