Pemkot Bontang Pelajari Program Pendidikan Gratis Kabupaten Gowa

Jum'at, 07 Januari 2022 - 22:46 WIB
loading...
Pemkot Bontang Pelajari Program Pendidikan Gratis Kabupaten Gowa
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan bersama Wali Kota Bontang, Basri Rase, Jumat (7/1/2022). Foto: SINDOnews/Herni Amir
A A A
GOWA - Pemerintah Kota Bontang, Provinsi Kalimantan Timur melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Gowa, Jumat (7/1/2022). Mereka datang untuk mengetahui terkait peningkatan tata pemerintahan, salah satunya di bidang pendidikan, pariwisata dan optimalisasi PAD.

Wali Kota Bontang, Basri Rase mengungkapkan, Kota Bontang yang baru berdiri 20 tahun ini membutuhkan berbagai pengetahuan untuk peningkatan tata pemerintahan.

Baca Juga: pendidikan gratis
"Kita sebenarnya sudah memiliki pendidikan gratis tapi tidak sesempurna yang ada di Gowa, sehingga melalui kunjungan ini kita nanti akan sempurnakan. Begitupun dengan optimalisasi PAD untuk memanfaatkan perusahaan industri kami agar memiliki NPWP cabang," jelasnya.

Baca Juga: Bupati Gowa
"Pendidikan gratis ini semua anak yang ingin sekolah di Gowa baik SD,SMP, SMA semua gratis dan itu berlaku untuk semuanya tanpa memikirkan status sosialnya begitupun sekolah negeri maupun swasta," jelasnya.

Baca Juga: Pemerintah Kabupaten Gowa
"Beasiswa ini kita gandeng desa dan kelurahan. Jadi apabila ada yang ingin kuliah di universitas ternama di Makassar itu akan ditanggung menggunakan dana desa/kelurahan, tetapi jika ada yang ingin lanjut di universitas ternama Indonesia itu menggunakan anggaran pemerintah. Semua ini full dari masuk hingga lulus," tambah Adnan.

Sementara dalam optimalisasi pendapatan asli daerah (PAD), pihaknya berfokus pada sektor pariwisata, pertanian, peternakan dan perkebunan. Menurutnya sektor inilah yang akan memasukkan PAD full ke daerah.

Baca juga:273 Pejabat Fungsional di Gowa Diharap Fleksibel dan Kerja Adaptif

"Salah satu cara untuk meningkatkan PAD Kabupaten Gowa yakni pada sektor pariwisata, karena begitu pariwisata berkembang maka seluruh pajaknya menjadi milik kabupaten. Itulah kenapa Gowa menggalakkan pariwisata karena semakin besar kemampuan daerah maka semakin banyak masyarakat yang bisa kita bantu dan banyak juga program yang bisa kita hadirkan," jelasnya.

Olehnya dirinya berharap melalui kunjungan ini pihaknya bersama Pemerintah Kota Bontang bisa bekerja sama dan belajar untuk daerah yang semakin baik dan sejahtera dimasa yang akan datang.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2835 seconds (0.1#10.140)