Ratusan Buruh Unjuk Rasa di Depan Gerbang PT Unibis Kota Medan

Rabu, 10 Juni 2020 - 14:09 WIB
loading...
Ratusan Buruh Unjuk Rasa di Depan Gerbang PT Unibis Kota Medan
Massa buruh PT Unibis saat berunjuk rasa di depan gerbang pabrik PT Unibis, Rabu (10/6/2020). Foto: iNews/Yudha Bahar
A A A
MEDAN - Ratusan buruh berunjuk rasa di depan gerbang PT Universal Indofood Product (Unibis) di Jalan KL Yos Sudarso, Kecamatan Medan Deli, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), Rabu (10/5/2020). Aksi ini merupakan bentuk dari kekecewaan buruh atas kebijakan PT Unibis yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) sepihak dan pemotongan gaji kepada para buruh.

Massa buruh yang didominasi pekerja wanita ini tampak bertahan di depan gerbang PT Unibis. Satu per satu perwakilan buruh melakukan orasi dan menuntut pihak perusahaan untuk tidak melakukan tindakan semena-mena kepada para buruh. (Baca juga : Kisah Pariani dan Amran, Korban PHK Perusahaan Crumb Rubber di Asahan )

Buruh menilai, PHK sepihak yang dilakukan PT Unibis kepada para buruh merupakan tindakan semena-mena dan melanggar aturan yang berlaku. Tak hanya itu, buruh juga memprotes perusahaan yang memotong gaji karyawan hingga mencapai Rp2 juta.

"Memang tidak semua yang mengalami pemotongan. Namun rata-rata dari karyawan terkena pemotongan gaji," kata Rini Andriani, salah satu koordinator aksi, Rabu (10/6/2020).

Massa buruh juga meminta perusahaan untuk menyelesaikan pembayaran uang lembur, puding, serta tunjangan hari raya (THR) para buruh.

"Mereka menjanjikan akan membayar, tapi dari apa yang kita peroleh itu tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Jadi kami minta pihak perusahaan yang untuk mematuhi aturan yang berlaku," ujarnya. (Baca juga : Eks Karyawan Gugat Perusahaan Crumb Rubber di Asahan Rp13 Miliar )

Walaupun sudah menggelar aksi selama kurang lebih tiga jam, tampak belum ada perwakilan dari pihak perusahaan yang menemui massa buruh untuk memberikan jawaban

Aksi ratusan buruh ini mendapatkan pengawalan ketat personel Polres Pelabuhan Belawan. Selain itu, massa buruh juga terlihat kompak mengenakan masker saat berunjuk rasa di depan gerbang PT Unibis.
(nfl)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.7988 seconds (0.1#10.140)