Konsep Rumahku-Kebunku Bermanfaat Penuhi Kebutuhan Pangan

Selasa, 09 Juni 2020 - 22:05 WIB
loading...
Konsep Rumahku-Kebunku Bermanfaat Penuhi Kebutuhan Pangan
Bupati Bone Bolango Hamim Pou saat memanen cabe di pekarangan masyarakat yang ada di Desa Bulonthala Timur, Senin (8/6/2020).
A A A
BONE BOLANGO - Bupati Hamim Pou didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bone Bolango Loly Pou Junus dan Kadis Pertanian, Roswati Agus, melakukan peninjauan tanaman hortikultura di pekarangan masyarakat di Desa Bulothala Timur, Kecamatan Suwawa Selatan, Senin (8/6/2020).

Kunjungan ini dilakukan Bupati dalam rangka peninjauan konsep "Rumahku-Kebunku" yang dirangkaikan juga dengan panen cabe dan penanaman bawang merah di pekarangan masyarakat yang ada di Desa Bulonthala Timur.

"Dimasa pandemi Covid-19 ini banyak sekali orang-orang yang kehilangan pekerjaannya. Oleh karena itu lewat konsep "Rumahku-Kebunku" ini masyarakat bisa kembali memanfaatkan lahan-lahan yang berpuluhan tahun terlantar begitu saja, tidak terawat, agar bisa dikelola kembali untuk membantu kebutuhannya sehari-hari," terang Bupati.

Contoh yang dilakukan oleh Iton Uloli yang dulunya beliau seorang buruh bangunan. Akibat pandemi ini beliau banting stir memanfaatkan pekarangan di belakang rumahnya dengan menanam bawang merah, cabe bahkan sayur. "Apabila ini dikelola dan dipelihara dengan baik tentunya akan meningkatkan ekonomi masyarakat itu sendiri," kata Bupati Hamim.

Selanjutnya, Bupati Hamim Pou juga mengapresiasi masyarakat Desa Bulonthala Timur dalam menyukseskan konsep "Rumahku-Kebunku" yang dibuat oleh pemerintah untuk membantu masyarakat di tengah pandemi wabah Covid-19.

"Saya mengapresiasi pilihan masyarakat terhadap komoditas relatif bagus ada yang menanam bawang merah, cabe dengan segalanya varitasnya, ada labu dan juga jenis-jenis sayuran. Bahkan mereka juga mengambil sedikit lahan untuk membudidayakan ikan lele dan ikan nila," tambah Bupati.

Hadir pada acara tersebut, Camat Suwawa Selatan dan sejumlah pimpinan OPD Kabupaten Bone Bolango.
(alf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3770 seconds (0.1#10.140)