Fakta-Fakta Gempa M7,4 yang Menggetarkan Maluku

Kamis, 30 Desember 2021 - 05:52 WIB
loading...
Fakta-Fakta Gempa M7,4 yang Menggetarkan Maluku
Peta gempa Maluku. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Gempa bumi yang mengguncang Maluku dirasakan cukup kuat. Meski demikian, gempa tidak menyebabkan tsunami. Ada sejumlah fakta-fakta yang membuat gempa M7,4 ini menjadi berbahaya.

1. Terjadi saat Orang Tertidur Lelap

Gempa bumi berkekuatan M7,4 yang mengguncang Maluku, terjadi saat orang-orang mulai tertidur lelap, sekitar pukul 01:25:52 WIB. Gempa dahsyat saat orang tertidur lelap ini sangat berbahaya.

2. Berada di Kedalaman 210 Km di Bawah Laut

Gempa bumi berkekuatan M7,4 yang mengguncang Maluku, menjadi tidak berbahaya dan tidak berpotensi tsunami karena berada di kedalaman 210 Km di bawah laut.

3. Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa bumi berkekuatan M7,4 yang mengguncang Maluku tidak berpotensi tsunami. Pihak BMKG bahkan tidak sampai mengeluarkan peringatan dini terjadinya tsunami. Meski demikian, warga diminta tetap waspada.

4. Diikuti dengan Sejumlah Gempa Susulan

Gempa bumi berkekuatan M7,4 yang mengguncang Maluku ini diikuti dengan sejumlah gempa susulan. Meski tidak sebesar yang pertama, gempa susulan ini bisa dirasakan warga.

5. Getaran Gempa Dirasakan sampai Australia

Gempa bumi berkekuatan M7,4 yang mengguncang Maluku, dirasakan hingga Australia. Sejumlah wilayah lain, seperti Bali, NTT, NTB, hingga Marauke juga turut merasakan getarannya.

6. Memiliki Kekuatan MMI

Gempa bumi berkekuatan M7,4 memiliki kemampuan MMI yang Getarannya bisa dirasakan oleh semua penduduk. Bahkan bisa membangunkan orang yang tertidur, membuat barang-barang terpelanting, dan getarannya keras.
(hsk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2320 seconds (0.1#10.140)