Dinkes Maros Imbau Masyarakat Waspada Penyakit di Musim Hujan

Selasa, 28 Desember 2021 - 18:28 WIB
loading...
Dinkes Maros Imbau Masyarakat Waspada Penyakit di Musim Hujan
Memasuki musim hujan, beberapa warga di Kelurahan Raya, Kecamatan Turikale, Kabupaten Maros kerja bakti membersihkan saluran air. Foto: SINDOnews/Najmi Limonu
A A A
MAROS - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Maros , dr Yunus mengingatkan warga untuk waspada terhadap penyakit yang sering muncul di musim hujan, seperti demam berdarah dengue (DBD) dan demam typoid.

Yunus mengungkapkan, jumlah kasus DBD sepanjang tahun 2021 menurun drastis jika dibandingkan dengan tahun 2020.Tahun ini terdapat 228 kasus DBD, sementara tahun lalu terjadi 362 kasus DBD.

yang paling banyak pada 2021 terjadi di Kecamatan Turikale. Totalnya ada 61 kasus, tahun sebelumnya di Kecamatan Mandai 76 kasus. Paling tinggi terjadi bulan Maret yakni 43 kasus, terdiri dari 25 laki-laki dan 18 perempuan," tuturnya.

Menurut Yunus, anak-anak usia 6-12 tahun sangat rentan dengan penyakit DBD. Hal ini juga ditentukan oleh imun tubuh setiap individu.

"Kalau DBD paling rentan menjangkiti anak-anak, sementara orang dewasa imunnya sudah cukup kuat, sehingga risiko terjangkit rendah," tambahnya.

Baca Juga: DBD
Untuk langkah pencegahan, ia kembali mengingatkan program 3M. "Menutup tempat penampungan air, mengurus penampungan air, mengubur barang bekas. Saya ingatkan lagi bahwa jentik nyamuk banyak bersarang di air tergenang dan tidak menyentuh tanah," tutupnya.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1602 seconds (0.1#10.140)