Jalur KA di Maros Sudah Tersambung, Sesditjen Perkeretaapian Tinjau Langsung

Jum'at, 24 Desember 2021 - 15:37 WIB
loading...
Jalur KA di Maros Sudah Tersambung, Sesditjen Perkeretaapian Tinjau Langsung
Sesditjen Perkeretaapian berfoto bersama Pangdam Hasanuddin dan Kepala BPKA Sulsel usai rapat koordinasi percepatan proyek KA di Sulsel. Sebelumnya, rombongan Sesditjen juga telah meninjau proyek KA di Maros. Foto: Istimewa
A A A
MAROS - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI menaruh atensi tinggi terhadap penuntasan proyek Kereta Api (KA) Trans Sulawesi rute Makassar-Parepare. Perlahan tapi pasti, masalah pembebasan lahan telah teratasi. Salah satunya di Kabupaten Maros, dimana jalur atau rel KA di wilayah tersebut sudah dapat dikerjakan.

Sekretaris Direktorat Jenderal (Sesditjen) Perkeretaapian Kemenhub, Zulmafendi, turun langsung melakukan peninjauan lapangan progres pekerjaan KA Trans Sulawesi rute Makassar-Parepare, belum lama ini. Zulmafendi tampak didampingi oleh Kepala Balai Pengelola Kereta Api (BPKA) Sulsel, Andi Amanna Gappa.



Pada kesempatan itu, Zulmafendi menerima laporan dari Kepala BPKA Sulsel perihal perkembangan terbaru upaya penyelesaian tanah untuk pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN). Selepas kunjungan lapangan, Zulmafendi dan rombongan melakukan rapat bersama Pangdam XIV Hasanuddin, Moch Syafei Kasno, dalam rangka dukungan pendampingan pembangunan KA.

"Pemerintah Pusat dalam hal ini Kemenhub menaruh perhatian besar percepatan penyelesaian pembangunan jalur atau rel KA Trans Sulawesi rute Makassar-Parepare. Ini merupakan PSN yang tentunya mesti menjadi atensi bersama, butuh sinergitas dan kolaborasi semua pihak," kata Zulmafendi, dalam keterangan persnya, Jumat (24/12/2021).

Kepala BPKA Sulsel, Andi Amanna Gappa, menambahkan sinergi dan kolaborasi dalam percepatan penyelesaian proyek KA telah dijalankan pihaknya, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota yang dilalui jalur KA. Salah satunya melalui Karya Bakti TNI dalam Rangka Percepatan Proyek KA di Maros, tepatnya di Kecamatan Marusu.

Andi Amanna Gappa, mengapresiasi kerjasama yang dibangun bersama Bupati Maros hingga unsur pimpinan Forkopimda dalam mendukung akselerasi pembangunan jalur KA rute Makassar-Parepare . Toh, manfaat dari pembangunan PSN kembali lagi kepada masyarakat dan daerah. Proyek KA, kata dia, memiliki multiplier effect yang besar, tidak cuma dari aspek transportasi, tapi juga perekonomian dan pariwisata.

"Ya, makanya saya dalam setiap kesempatan selalu memberikan edukasi kepada semua pihak, khususnya masyarakat yang terdampak, bahwa kalau proyek KA sudah tuntas, maka manfaat terbesarnya untuk masyarakat dan daerah. Transportasi akan lebih murah, cepat, aman, pariwisata bangkit dan perekonomian wilayah di sekitar stasiun tentunya akan lebih berkembang," paparnya.



Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, sebelumnya telah menyampaikan jalur KA Trans Sulawesi rute Makassar-Parepare akan rampung 2022. Tahap awal, pengoperasian kereta api siap mengangkut kebutuhan logistik batu bara dan semen.

"Kita harapkan kuartal III atau kuartal IV akan selesai dan kita mulai mengoperasikan di tahun 2022 mendatang. Belum sampai Makassar tapi mungkin sudah sampai Maros," Kata Budi dalam Jumpa Pers Akhir Tahun Kantor Kemenhub, Selasa (21/12/2021) lalu.

Menurutnya, target tersebut seiring dengan perkembangan pembangunan jalur KA Makassar-Parepare yang saat ini sudah mencapai 80 persen, sehingga tinggal finalisasi dan membentuk konsorsium untuk pengelolaannya. Ke depan, Menhub menyebut KA Makassar-Parepare akan menjadi angkutan komoditas batubara dan semen.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1473 seconds (0.1#10.140)