Gubernur Khofifah Ajak Para Ibu Pulihkan Ekonomi Nasional

Rabu, 22 Desember 2021 - 22:17 WIB
loading...
Gubernur Khofifah Ajak Para Ibu Pulihkan Ekonomi Nasional
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat menghadiri Muktamar NU di Lampung. Foto: Istimewa
A A A
LAMPUNG - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa mengajak para ibu untuk turut serta dalam pemulihan ekonomi nasional .

Orang nomor satu di Jatim itu menyebut, para ibu memiliki peran penting yang signifikan dalam memajukan pembangunan dan perekonomian bangsa.



"Ibu-ibu dan anak-anak adalah kelompok yang potensi memiliki kerentanan terdampak selama pandemi COVID-19. Tidak sedikit ibu yang mengalami cemas hingga stress akibat pandemi ini," kata Khofifah saat menghadiri acara Muktamar NU ke 34 di Pondok Pesantren Darus Sa'adah, Lampung, Rabu (22/12/2021).

Selama pandemi kata Khofifah, seorang ibu memainkan multi peran. Selain sebagai ibu, juga berperan sebagai teman dan juga guru bagi anak-anak lantaran kebijakan belajar dari rumah secara daring.



“Para ibu juga berkontribusi dalam perlindungan keluarga dari sebaran virus dan membantu pengelolaan ekonomi di tengah pandemi COVID-19,” ujarnya.

Bahkan lanjut dia, tidak sedikit pula ibu-ibu yang mengambil alih peran ekonomi kepala keluarga yang terdampak pandemi akibat terkena PHK.

"Mereka juga turun tangan mencari tambahan pendapatan guna menyelamatkan keluarga. Jadi bisa kita lihat betapa peran dan kontribusi perempuan, khususnya Ibu-Ibu selama pandemi sangat luar biasa," imbuhnya.



Khofifah menyebut, posisi ibu-ibu sangat strategis dalam mendorong pemulihan ekonomi nasional. Mengingat, tidak sedikit ibu-ibu yang menggeluti usaha ultra mikro kecil dan menengah (UMKM) selama pandemi COVID-19.

“Kami ingin ke depan para ibu selain menjadi pelaku UMKM, juga turut menciptakan lapangan pekerjaan lebih luas lagi dengan memanfaatkan sarana prasarana digital yang ada,” pungkasnya.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1733 seconds (0.1#10.140)