Petugas Dispantan Tambah Stok Vaksin Rabies Sebanyak 1.050 Dosis

Sabtu, 18 Desember 2021 - 06:37 WIB
loading...
Petugas Dispantan Tambah Stok Vaksin Rabies Sebanyak 1.050 Dosis
Warga membawa hewan peliharaannya untuk mendapatkan vaksin rabies dan flu burung dari petugas Dinas Pangan dan Pertanian Kota Cimahi, Jumat (17/12/2021). Foto/Istimewa
A A A
CIMAHI - Program vaksinasi gratis bagi hewan peliharaan yang digelar oleh Dinas Pangan dan Pertanian (Dispantan) Kota Cimahi, disambut antusias warga. Vaksin yang disiapkan adalah jenis vaksin rabies dan flu burung bagi hewan peliharaan seperti anjing, kucing, dan hewan lainnya.

Kepala Bidang Pertanian Dispantan Kota Cimahi, Mita Mustikasari mengatakan, pihaknya secara rutin melakukan vaksinasi terhadap hewan peliharaan milik warga.

Mengingat masih pandemi COVID-19, maka dalam pelaksanaannya tetap menerapkan protokol kesehatan. "Vaksin yang disiapkan untuk vaksin flu burung sebanyak 600 dosis, dan 1.050 dosis untuk rabies," ucapnya kepada wartawan, , Jumat (17/12/2021).

Dikatakannya, program vaksinasi ini sudah dilaksanakan sejak awal tahun. Untuk vaksin rabies tahun ini jumlahnya lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya yang biasanya selalu sama dengan vaksin flu burung, yakni 600 dosis. Ini sebagai antisipasi banyaknya hewan yang harus divaksin rabies.

Berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan vaksin rabies di tahun sebelumnya, lanjut dia, dari target 600 dosis biasanya selalu kurang. Oleh karena itu pihaknya seringkali minta bantuan ke provinsi untuk menutupi kekurangannya. "Jadi daripada kekurangan, kami antisipasi dengan menambah alokasi vaksinnya," kata dia.

Menurutnya, pelaksanaan vaksin rabies dan flu burung dilakukan tersebar di 15 kelurahan yang ada di Kota Cimahi. Sasaran vaksin rabies dan flu burung di antaranya anjing, kucing, musang, monyet, ayam, bebek, entog, dan angsa.

Pelaksanaan vaksinasi biasanya dilakukan di masing-masing kelurahan yang dipusatkan di satu lokasi. Untuk itu pihaknya menyebarkan surat edaran ke kelurahan untuk konfirmasi penjadwalan pelaksanaan vaksinasi.

Animo masyarakat untuk memvaksin hewan peliharaanya cukup tinggi, karena setiap pelaksanaan jumlahnya banyak. "Masyarakat selalu antusias makanya kami gak batasi, selama vaksinnya tersedia," ujarnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3720 seconds (0.1#10.140)