Jalani Operasi Plastik, Kondisi 5 Pasien Korban Erupsi Gunung Semeru Membaik

Jum'at, 17 Desember 2021 - 09:23 WIB
loading...
Jalani Operasi Plastik, Kondisi 5 Pasien Korban Erupsi Gunung Semeru Membaik
Pasca menjalani operasi bedah plastik, kondisi pasien korban erupsi Gunung Semeru terus membaik. Foto/iNews TV/Hana Purwadi
A A A
LUMAJANG - Lima pasien luka bakar akibat semburan awan panas erupsi Gunung Semeru, yang terjadi pada Sabtu (4/12/2021), kondisinya terus membaik. Pasien-pasien tersebut, telah menjalani operasi plastik untuk mempercepat pemulihan luka bakar yang dideritanya.



Hingga saat ini, tim medis gabungan masih terus melakukan observasi di ruang ICU Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Haryoto Lumajang. Sementara total jumlah pasien luka bakar akibat erupsi Gunung Semeru, yang di rawat di RSUD Haryoto Lumajang, ada sebanyak 12 orang.



Kelima pasien yang kondisi luka bakarnya sangat serius, telah beberapa kali menjalani operasi bedah plastik di ruang bedah sentral RSUD Haryoto Lumajang. "Lima pasien ini, masih harus kembali menjalani operasi lanjutan, dan dipastikan kondisinya stabil," ujar Kabid Yanmed RSUD dr Haryoto Lumajang, Yana Susanti, Jumat (17/12/2021).



Yana menyebutkan, kini kelima pasien tersebut mendapatkan penanganan maksimal di ruang ICU. Rencananya, para pasien ini akan kembali diobservasi untuk kepentingan operasi lanjutan oleh tim medis gabungan dari Kota Batu, Kota Malang, Surabaya, Kepanjen, dan Kabupaten Lumajang.



Saat ini, jumlah pasien luka bakar akibat erupsi Gunung Semeru, yang dirawat di RSUD dr Haryoto Lumajang, terus berkurang. Sebagian pasien sudah membaik sehingga bisa menjalani rawat jalan. Sedangkan tujuh pasien dengan luka bakar ringan kini dirawat di ruang rawat inap biasa. "Apabila kondisinya membaik, akan diizinkan untuk rawat jalan," pungkas Yana.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1833 seconds (0.1#10.140)