Gempa Bumi di Kamis Legi, 1 Rumah di Jember Ambruk

Kamis, 16 Desember 2021 - 14:27 WIB
loading...
Gempa Bumi di Kamis Legi, 1 Rumah di Jember Ambruk
Gempa bumi di Kabupaten Jember, mengakibatkan satu rumah warga rusak berat dan bangunan pesantren rusak ringan. Foto/Dok.BNPB
A A A
JEMBER - Satu rumah warga di Kabupaten Jember, ambruk usai terjadi gempa berkekuatan Magnitudo (M) 5,1, Kamis (16/12/2021) pukul 06.01 WIB. Getaran gempa dirasakan kuat di wilayah Kabupaten Jember dan Kabupaten Lumajang.



Pekasana tugas (Plt) Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam siaran pers tertulisnya mengatakan, Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BNPB menerima laporan sementara kerusakan akibat gempa ini yakni satu unit rumah rusak berat.



"Selain itu gempa juga mengakibatkan, empat unit rumah rusak sedang, enam unit rumah rusak ringan ,serta satu pondok pesantren rusak ringan. Selain itu dilaporkan juga terdapat 11 Kepala Keluarga (KK) terdampak dan masih dalam pendataan tim kaji cepat," tuturnya.



Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, pusat gempa berada di laut, tepatnya 42 km barat daya Jember dengan kedalaman 10 km. Gempa ini tidak berpotensi tsunami.



Berdasarkan laporan di lapangan, meski masyarakat sempat panik kondisi saat ini telah kembali kondusif. Namun demikian BPBD Kabupaten Jember, masih melakukan monitoring dan siap siaga jika terjadi gempa susulan.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2152 seconds (0.1#10.140)