Mengenakan Jaket Banser, Erick Thohir Temui Korban Erupsi Gunung Semeru

Minggu, 12 Desember 2021 - 12:16 WIB
loading...
Mengenakan Jaket Banser, Erick Thohir Temui Korban Erupsi Gunung Semeru
Menteri BUMN Erick Thohir saat menggelar pertemuan dengan korban bencana erupsi Gunung Semeru di Balai Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Minggu (12/12/2021)./Tritus Julan
A A A
LUMAJANG - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mewacanakan relokasi bagi korban erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang. Wacana itu disampaikannya saat mengunjungi korban erupsi Gunung Semeru di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lamongan, Minggu (12/12/2021).

Dalam pertemuan dengan korban bencana di balai Desa Sumbermujur itu, Erick yang menggunakan seragam Banser mengaku jika dirinya sudah melakukan koordinasi dengan Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya.

Baca juga: Penampakan Terkini Kawah Puncak Gunung Semeru Pasca Erupsi

"Saya sudah berbicara dengan bu Siti (Siti Nurbaya) Menteri Lingkungan Hidup. Akan disiapkan lahan untuk relokasi korban bencana ini," kata Erick Thohir.

Sayangnya, Erick Thohir yang datang didampingi Bupati Lumajang Thoriqul Haq itu tak menyampaikan detail berapa luasan lahan yang akan disiapkan untuk relokasi.

Sementara diperkirakan, relokasi nantinya membutuhkan lahan yang cukup luas untuk menampung ratusan rumah warga yang kehilangan rumah akibat terjangan lahar dingin dan abu vulkanik tersebut.

Hanya saja, Erick menyebut jika dimungkinkan lahan yang bakal dipakai adalah milik Perhutani. Beredar kabar juga jika lokasi yang dipilih berada di Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro yang lokasinya berdampingan dengan Desa Sumbermujur.

Baca juga: Mataram Berdarah! Rara Oyi Calon Istri Raja Diculik dan Disetubuhi Putra Mahkota

Sementara korban erupsi Gunung Semeru yang hadir dalam pertemuan itu meminta agar mereka direlokasi di Desa Penanggal. Lontaran warga itu muncul saat Bupati Lumajang Thoriqul Haq bertanya lokasi mana yang dipilih untuk relokasi.

Selain mewacanakan relokasi rumah korban, Erick juga meminta kepada Yayasan BUMN untuk memberikan beasiswa bagi anak-anak korban bencana. Ia meminta agar data penerima beasiswa tersebut diambil dari data yang berasal dari Bupati Lumajang. "Datanya harus daari Bupati Lumajang," tandasnya.

Anak-anak korban bencana, lanjut Erick dinilai membutuhkan kelangsungan pendidikan mereka. Lantaran itu, ia meminta agar Yayasan BUMN untuk memfasilitasi pemberian beasiswa tersebut. "Ini mumpung ada Ketua Yayasan BUMN," tandas Erick yang juga menyebut dirinya secara pribadi juga akan memberikan bantuan bagi korban bencana.

Sementara dalam pertemuan itu, sejumlah korban bencana dihadirkan bersama anak-anak mereka. Uncle T-Bob juga sempat mengajak anak-anak bermain sebagai upaya untuk trauma healing. Erick meminta agar semua korban bencana untuk bangkit dan terus maju. "Dan memang harus menatap ke depan. Pemerintah sudah hadir dalam situasi seperti ini, termasuk Presiden,"pungkasnya.
(msd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1675 seconds (10.101#12.26)