Ratusan Rumah Suku Laut di Riau Rusak Diterjang Ombak Ganas

Kamis, 09 Desember 2021 - 21:25 WIB
loading...
Ratusan Rumah Suku Laut di Riau Rusak Diterjang Ombak Ganas
Ratusan rumah warga Suku Laut di Desa Panglima Raja, Concong, Indragiri Hilir, Riau rusak diterjang ombak. Tak ada korban karena warga Suku Laut mahir berenang. Foto/MPI/Banda Haruddin Tanjung
A A A
INDRAGIRI HILIR - Ratusan rumah warga Suku Laut di Desa Panglima Raja Kecamatan Concong Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) rusak parah diterjang ombak besar. Namun tidak ada korban jiwa karena warga Suku Laut mahir berenang.

Presiden Bangsa Orang Laut Sedunia, PRj Haryono Maha Seri Bijawangsa mengatakan, ada 350 kepala keluarga (KK) yang terdampak hantaman ombak. Kerusakan rumah warga bervariasi, dari ringan hingga parah. Musibah ini terjadi sejak Rabu siang (8/12/2021).



"Sekitar 350 KK yang terdampak hantaman ombak akibat angin utara ini," kata Haryono Maha Seri Bijawangsa, Kamis (9/12/2021).

Dia mengatakan rumah warganya yang mengalami rusak parah adalah yang rumahnya di tengah laut. Sementara penduduk yang rumahnya di tepi laut hanya mengalami rusak ringan.

"Jadi rumah yang rusak parah itu yang di tengah. Tapi tidak ada korban jiwa karena mereka bisa berenang. Kita perkirakan ombak angin utara ini akan berlangsung sampai Februari," imbuhnya.



Suku Laut merupakan salah satu suku asli di Riau. Mereka membangun rumah di laut serta mengantungkan hidup dari alam.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1527 seconds (0.1#10.140)