Terkendala Dokumen Administrasi, BLT DD Tahap II Mandek

Senin, 08 Juni 2020 - 13:32 WIB
loading...
Terkendala Dokumen Administrasi, BLT DD Tahap II Mandek
Pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) di Kabupaten Gresik, masih terkendala perbaikan dokumen administrasi. Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews/Yuswantoro
A A A
GRESIK - Pencairan bantuan langsung tunai dana desa (BLT DD) tahap II di Kabupaten Gresik, masih mandek. Alasannya, saat ini masih dilakukan perbaikan dokumen administrasi memperkuat penyaluran bantuan Rp600 ribu itu.

(Baca juga: Minibus Masuk Jurang Kawasan Wisata Cangar, 4 Luka-luka )

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Gresik, Mahalatul Fardah menjelaskan, penyaluran BLT DD diupayakan paling tidak sampai akhir bulan. "Kami targetkan tuntas minggu ketiga," ujar Fardah, Senin (8/6/2020).

Pihaknya berharap para camat mendorong kepala desa untuk segera menuntaskan administrasi. Pada BLT DD tahap II di Kabupaten Gresik, jumlah penerima sekitar 23.695 KK. Sampai saat ini DPMD tengah menunggu perbaikan data penerima BLT DD dari kecamatan.

(Baca juga: Belum Ada Penundaan Piala Dunia U-20, Renovasi GBT Tetap Dikebut )

Setelah tahap II tuntas, minggu berikutnya akan dilakukan evaluasi untuk mempersiapkan penyaluran tahap ke III. Kecepatan penyaluran tergangung dari data yang diusulkan dari desa ke Kecamatan. "Masih banyak kecamatan yang melakukan perbaikan data. Kami terus mendorong agar segera dituntaskan," imbuhnya.

(Baca juga: Parikan Khas Surabaya Hangatkan Penyaluran BST di Kantor Pos )

Terpisah, Ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kabupaten Gresik, Nurul Yatim menyampaikan, penyaluran BLT DD tahap I memang banyak warga yang tidak tertampung. Sehingga, diusulkan ke JPS. "Yang belum tertampung BLT DD, diusulkan ke JPS," imbuhnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1939 seconds (0.1#10.140)