Relawan Bantu Dapur Umum dan Perlengkapan Pengungsi Erupsi Gunung Semeru

Rabu, 08 Desember 2021 - 18:17 WIB
loading...
Relawan Bantu Dapur Umum dan Perlengkapan Pengungsi Erupsi Gunung Semeru
Relawan membuat nasi bungkus di dapur umum untuk membantu pengungsi bencana erupsi Gunung Semeru di Lumajang. Foto/Ist
A A A
LUMAJANG - Bencana erupsi Gunung Semeru membuat relawan Sahabat Ganjar bergerak menyalurkan bantuan ke wilayah Candipuro dan Penanggal di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Selain bantuan, relawan juga melakukan pendirian dapur umum.

Posko Dapur Umum didirikan di Dusun Candipuro Kerajan, Kecamatan Candipuro. Sejumlah relawan memasak sejak malam hari untuk membuat nasi bungkus.


Seluruh kegiatan ini murni inisiatif dan sumbangan dana dari relawan di 300 cabang di seluruh Indonesia.

“Kami memiliki respons cepat jika terjadi bencana alam. Teman-teman relawan di daerah lain yang ingin membantu langsung berkoordinasi dengan DPP sehingga bantuan langsung dikoordinasikan untuk dikirim ke lokasi bencana," kata Humas DPP Sahabat Ganjar, Indah CH dalam keterangannya, Rabu (8/12/2021).

Sementara itu salah seorang relawan Sumaidah menyatakan mereka sepakat membantu memasak di dapur umum untuk para pengungsi.

"Kemarin kami membantu penyerahan bantuan di Posko Koperasi Candipuro secara langsung. Karena kekurangan konsumsi, jadi saya dan teman-teman dirikan dapur ini sudah sejak 3 hari. Tujuannya untuk meringankan beban, orang yang terkena musibah," katanya.

Dalam kegiatan sebelumnya telah disalurkan sejumlah bantuan yang berupa makanan siap saji, air mineral, selimut, masker, karpet, vitamin, pembalut, obat-obatan dan baju.


"Harapan kami dengan berdirinya dapur umum untuk korban erupsi, supaya mendirikan dapur umum ini penambahan gizi, makan mereka bisa seperti semula. Dan yang terpenting para korban tidak khawatir soal makanan," terang penanggung jawab aksi Sahabat Ganjar Peduli Bencana, Kesit.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1783 seconds (0.1#10.140)