Pemkab Luwu Timur Genjot Pembangunan Infrastruktur di Malili

Kamis, 02 Desember 2021 - 19:41 WIB
loading...
Pemkab Luwu Timur Genjot Pembangunan Infrastruktur di Malili
Pemkab Luwu Timur terus mengupayakan realisasi fisik pembangunan infrastruktur di Kecamatan Malili. Foto: SINDOnews/Dok/Ilustrasi
A A A
LUWU TIMUR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Timur terus mengupayakan realisasi fisik pembangunan infrastruktur di Kecamatan Malili. Adapun akselerasi pembangunan infrastruktur itu telah diprogramkan oleh 12 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Luwu Timur.

Berdasarkan data dari Bappelitbangda Luwu Timur, terdapat sejumlah pembangunan infrastruktur di Malili yang sedang dalam tahap pelaksanaan maupun masih tahap proses pengadaan oleh ULP hingga 30 Agustus 2021.

Baca juga:Penyusunan RDTR Perkotaan Matoto Diharap Prioritaskan Ruang Terbuka Hijau

Kepala Dinas PUPR Luwu Timur , Syahmuddin, menjelaskan ada 30 kegiatan fisik yang difokuskan di Malili oleh satuan kerjanya. Sebanyak 12 di antaranya dalam proses pelaksanaan, tujuh mengalami perubahan anggaran setelah adanya refocusing, satu masih tahap proses pengadaan, tujuh dalam proses kontrak dan tiga sedang diproses oleh ULP.

“Misalnya pembangunan pengaspalan Dusun Podomakmur Desa Lakawali menghubungkan Desa Manurung, kini dalam tahap pelaksanaan. Sedangkan, lanjutan peningkatan jalan Desa Harapan telah mengalami perubahan anggaran setelah adanya refocusing,” kata Syahmuddin, Kamis (2/12).

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Luwu Timur, Zainuddin, mengatakan pihaknya sendiri menyiapkan 29 kegiatan fisik. Sebanyak 21 dalam tahap konstruksi, satu dibatalkan, dan lima diproses oleh ULP. Ia juga menyebut ada dua kegiatan fisik yang mengalami refocusing yakni pembangunan jalan lingkungan samping dermaga Lampia Desa Harapan serta pengerasan jalan penghubung Dusun Cerekang.

Baca juga:PPKM Level II, Bupati Lutim Tetap Ingatkan Penerapan Prokes

“Kegiatan fisik yang dibatalkan karena belum adanya penetapan status bencana ialah pembangunan Rumah Korban Bencana,” kata Zainuddin.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Luwu Timur , Amrullah Rasyid, membeberkan terdapat 14 kegiatan fisik. Rinciannya yakni 10 dalam tahap pelaksanaan dan dua masih diproses oleh pejabat pengadaan.

“Seperti pembangunan ruang UKS SDN 228 Lagaroang yang sementara proses pelaksanaan dan realiasasi fisiknya mencapai 42, 09%,” beber Amrullah.

Baca juga:Jelang Nataru, Pengawasan Prokes dan Mobilisasi Masyarakat di Lutim Diperketat

Sementara itu, untuk Dinas Kesehatan memiliki tiga kegiatan, Dinas Perhubungan satu kegiatan, Disparbudmudora lima kegiatan, Dinas Pertanian sembilan kegiatan, Dinas Dagkop UKM satu kegiatan, Dinas Kelautan, Perikanan dan Pangan tiga kegiatan, Dinas Perpustakaan satu kegiatan, Setda dua kegiatan dan Sekretariat DPRD enam kegiatan.

"Tiga kegiatan Dinas Kelautan, Perikanan dan Pangan masih belum terlaksana, yakni meliputi pembangunan Lumbung Pangan Kelompok Tani Mandiri Dusun Pongkeru, pembangunan lantai jemur Kelompok Tani Mandiri Dusun Pongkeru serta penataan halaman TPI Desa Lakawali Pantai,” ujar Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Pangan Kabupaten Luwu Timur, Alimuddin Nasir.
(luq)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1473 seconds (10.55#12.26)