Kenang Masa Lalu, Ridwan Kamil Ajak Sri Sultan Nostalgia ke Bandung

Kamis, 02 Desember 2021 - 12:15 WIB
loading...
Kenang Masa Lalu, Ridwan Kamil Ajak Sri Sultan Nostalgia ke Bandung
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil saat bertemu Sri Sultan Hamengkubuwono X dalam acara Pesona Jabar di Area Candi Prambanan, Yogyakarta, Rabu (1/12/2021) malam. Foto/Pemprov Jabar
A A A
YOGYAKARTA - Raja Keraton Ngayogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X beserta istrinya GKR Hemas ternyata memiliki kenangan manis di Kota Bandung. Dalam kunjungannya ke Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Gubernur Jawa Barat , Ridwan Kamil pun siap mengajak mereka untuk bernostalgia mengenang romansa semasa muda.

Hal itu diungkapkan Ridwan Kamil dalam acara penandatanganan kerja sama sektor budaya, pariwisata, dan ekonomi kreatif antara Pemprov Jabar dan Pemprov DIY di kawasan Candi Prambanan, Rabu (1/12/2021) malam.

Ridwan Kamil mengungkapkan, sebelum menikah atau sekitar tahun 1968, Sri Sultan Hamengkubuwono kerap datang ke kota berjuluk Parijs van Java untuk menemui Kanjeng Ratu Hemas.

Tak hanya itu, pria yang akrab disapa Kang Emil ini pun bahkan tahu makanan favorit Sri Sultan Hamengkubuwono dan Kanjeng Ratu Hemas di masa itu.

"Kami undang (Sri Sultan dan Kanjeng Ratu Hemas) ke Tanah Priangan, ke tempat Sri Sultan dan Kanjeng Ratu Hemas pacaran naik scooter di tahun 1968. Jadi dulu Kanjeng Ratu Hemas ikut orang tua, kemudian ada jejaka yang menaksirnya jauh-jauh datang ke Bandung dan pacarannya naik vespa," tutur Kang Emil.

"Beliau kalau ke Bandung pasti ritualnya belok makan Ayam Panaitan di Jalan Sunda. Nanti kalau Sultan berkenan, saya siapkan, ada rute nostalgia," lanjut Kang Emil yang ditimpali senyum Sri Sultan Hamengkubuwono.

Sri Sultan Hamengkubuwono pun menyatakan kesiapannya untuk membalas kunjungan kerja Ridwan Kamil untuk membahas kerja sama antardua provinsi. Rencananya, dia dan rombongan dari Pemprov DIY bertandang ke Kota Bandung pada pekan depan. Tawaran mengenai nostalgia di sela kunjungan kerja pun tak ditampik.

"Kami mungkin berangkat tanggal 6, Senin, acara (kunjungan kerja) tanggal 7. Maunya keliling Bandung, nostalgia," kata Sri Sultan tersenyum.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2509 seconds (0.1#10.140)