Banggai Raih Penghargaan Dalam Inovasi Cegah Stunting dari BKKBN

Minggu, 28 November 2021 - 08:33 WIB
loading...
Banggai Raih Penghargaan Dalam Inovasi Cegah Stunting dari BKKBN
Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah menerima penghargaan dalam inovasi cegah stunting 2021. (Ist)
A A A
BANGGAI - Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah menerima penghargaan dalam inovasi cegah stunting 2021. Kabupaten Banggai meraih juara pertama dalam kategori kolaborasi lintas sektor yakni SEHATI, yang langsung diterima oleh Sofiana Nur Khasanah sebagai pemenang kategori.

Secara simbolis, penghargaan itu diberikan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Pusat (BKKBN) melalui virtual zoom meeting kick off, Kamis (25/11/2021) lalu.

Secara virtual zoom meeting digelar di Ruang Rapat Khusus Kantor Bupati Banggai, ikut dalam penerimaan penghargaan secara simbolis, Kepala Dinkes Banggai, Kepala BKKBN Banggai, Kepala DP2KBP3A, Perwakilan Pertamina, Sekcam Balantak, Kabag Humas, Asosiasi Kesehatan Kabupaten Banggai bersama motivator pendamping.

Setelah Banggai, disusul dengan Kota Palu dalam kategori penggunaan teknologi informasi yakni Mom’s Care yang diterima langsung oleh Prof. dr. Rosmiana Nur, M.si. Saat host membacakan kategori menyampaikan, Kabupaten Banggai telah mencapai penerima manfaat sejumlah 5445 orang di 2021 dan 2020 dengan aktivasi lokasi dan dengan dukungan pemenuhan gizi, peningkatan sarana penunjang posyandu dalam inovasi SEHATI yakni jemput bola, sebagai siasat dalam situasi pandemi Covid-19 dan tim cegah stunting mendatangi rumah balita, ibu hamil dan ibu menyusui.

Kata host program ini menang dan berhasil dalam target untuk mencapai berat badan bayi yang masuk di bawah garis kuning. Bupati Banggai Ir. H. Amirudin Tamoreka setelah menerima penghargaan Pembangunan Daerah langsung bergabung di zoom meeting untuk memberikan testimoni dan komitmen dalam pencegahan stunting di hadapan Kepala BKKBN Pusat, Direktur Institut Habibie dan Ketua Umum PP ADINKES.

”Saya bersama masyarakat Kabupaten Banggai mengucapkan terima kasih atas penghargaan inovasi SEHATI anak dan Ibu tercinta yang mana tadi dinyatakan sebagai pemenang satu untuk kategori kolaborasi lintas sektor,” kata Bupati Banggai.

Dia mengatakan, pihaknya telah melakukan kerja sama lintas sektor tak hanya instansi, perusahaan yang ikut terlibat sepenuhnya mendukung stunting hingga berjalan dengan baik. Pihaknya juga mengikutkan 6 motivator yang sedang menyaksikan bersama di ruang rapat khusus meskipun hanya satu yang menang dalam inovasi tersebut. Baca: Terjun Langsung di Masyarakat, Kader Perindo Kaltara Sosialisasikan Hidup Sehat.

”Kami akan berinisiatif akan memberikan hadiah kepada kategori yang tidak sempat menang berupa uang tunai kepada peserta. Ini merupakan kontribusi dan upaya mereka dalam pencegahan dan penurunan stunting perlu kita apresiasi,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Umum PP ADINKES Dr. M subuh, MPPM dalam virtual zoom mengapresiasi kepada kepala daerah atau pemerintah yang berhasil menurunkan atau melakukan aksi cegah stunting. “Semoga inovasi yang ada di tahun ini dapat dikembangkan dan diperluas untuk jadi contoh kepada daerah lain dan menjadi suatu pedoman kedepan,” pungkasnya. Baca Juga: Sungai Cikeruh Meluap Rendam Jalur Kereta Cimekar-Haurpungkur, Perjalanan KA Terhambat.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3224 seconds (0.1#10.140)