Datangi Warga di Tidung Kalimantan Utara, Mendes PDTT Berbalas Pantun

Sabtu, 27 November 2021 - 20:39 WIB
loading...
Datangi Warga di Tidung Kalimantan Utara, Mendes PDTT Berbalas Pantun
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar saat mengunjungi warga Tidung di Kalimantan Utara. Foto/Ist
A A A
BULUNGAN - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar berbalas pantun saat mengunjungi warga Tidung di Kalimantan Utara. Warga menyambut dengan tata cara adat istiadat setempat.

Begitu tiba di Rumah Adat Tidung, Desa Salimbatu, Kecamatan Tanjung Palas Tengah, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara (Kaltara), Mendes PDTT yang akrab dipanggil Gus Halim ini disambut prosesi adat tepung tawar.


Ketua Adat Tidung, Ilhamsyah memercikkan air dan memberikan ikat kepala khas daerah Bulungan yang bernama Sesingal tidung diiringi lantunan salawat. Ilhamsyah kemudian memberikan pantun sebagai bentuk ucapan selamat datang dan terima kasih atas kunjungan Mendes PDTT di Desa Salimbatu.

“Selamat datang kepada Menteri Desa, berkunjung ke Provinsi Kalimantan Utara. Kami masyarakat menyambut dengan gembira, ketemu langsung bisa bertatap muka,” ucapnya dikutip Sabtu (27/11/2021).

Dengan medium pantun pula, Ketua Adat Tidung menyampaikan maksud-maksudnya. "Kami berharap kepada Pak Menteri Desa bisa mengakomodasi usulan-usulan dari desa agar bisa ditingkatkan sarana dan prasarananya. Pembangunan yang merata dari Ibu Kota sampai desa-desa," ungkapnya.

Selain itu, dia berharap Desa Salimbatu bisa dijadikan sebagai objek wisata religi, masih dengan pantun. ”Desa Salimbatu di pinggir kali, tempat pengembangan agama Islam yang pertama kali. Kami mohon bantuan agar Desa Salimbatu dijadikan desa wisata religi,” harapnya.



Sementara Mendes PDTT itu membalas pantun untuk warga Desa Salimbatu. “Buah pepaya buah jambu, dimakan Pak Markum satu per satu. Izinkan saya menyapa Bapak dan Ibu, assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,” katanya.

Dalam kesempatan itu juga Gus Halim mengaku sangat bersyukur bisa mengunjungi Desa Salimbatu yang kental akan budaya dan adat istiadatnya. “Sangat berbahagia bisa bersilaturahmi dengan satu desa yang memiliki kemampuan untuk terus mempertahankan adat istiadat yang sangat bagus,” ujarnya.

Sebelum ke rumah adat Tidung, Gus Halim beserta Ketua Adat dan rombongan berziarah ke Makam Said Ahmad Al-Maghribi di Desa Salimbatu. "Kita harus terus berupaya menghidupkan dan mempertahankan adat budaya kita yang sangat bagus, yang sempat terpuruk karena penjajahan," ujarnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4002 seconds (0.1#10.140)