Kecamatan Bayung Lencir, Aktifkan Siskamling Bahu Membahu Jaga Kampung

Sabtu, 06 Juni 2020 - 21:38 WIB
loading...
Kecamatan Bayung Lencir, Aktifkan Siskamling Bahu Membahu Jaga Kampung
Siskamling untuk ciptakan suasana tertib, tentram, dan aman dalam mengantisipasi dan mencegah penyebaran Covid-19 di Kecamatan Bayung Lencir.
A A A
SEKAYU - Kecamatan Bayung Lencir langsung merespons edaran Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin nomor 300/130/Kesbangpol/2020 tentang Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) dan Pam Swakarsa di Kelurahan/Desa.

Camat Bayung Lencir, Ahmad Toyibir menindaklanjuti dengan mengeluarkan surat nomor 300/186/BL-Set/VI/2020 tanggal 02 Juni 2020 untuk para Kepala Desa dan Lurah di wilayah Kecamatan Bayung Lencir. Isinya, agar seluruh desa segera mengaktifkan kegiatan tersebut.

Ibir, sapaan Camat Bayung, ingin siskamling untuk menciptakan suasana tertib, tentram, dan aman dalam upaya mengantisipasi dan mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah Kecamatan Bayung Lencir khususnya.

Dari pantauan terlihat beberapa desa di Kecamatan Bayung Lencir yaitu Desa Bayat Ilir, Wonorejo, dan Mendis Jaya, Jumat (5 Juni 2020) terlihat aktif menjalankan tugasnya setiap hari menjaga pos siskamling dan pos penjagaan relawan Covid-19 baik pada siang maupun malam hari. Terpantau petugas jaga di depan gerbang masuk Desa memeriksa setiap warga yang ingin keluar masuk Desa.

Kepala Desa Bayat Ilir Urwan Dinata menjelaskan kegiatan siskamling di desanya telah aktif menjalankan tugasnya sesuai jadwal piket yang disepakati. Pada siang hari penjagaan difokuskan pada posko utama Covid-19 di depan gerbang masuk desa. Malamnya, petugas jaga siskamling menyebar baik di posko utama gerbang masuk desa maupun pada pos-pos siskamling tiap dusun.

"Petugas piket jaga kami sepakati semuanya terlibat. Mulai perangkat desa, BPD, petugas kesehatan, unsur pemuda dan relawan dari masyarakat semuanya kami susun bergantian. sehingga semua terlibat," terang nya.

Camat Bayung Lencir Akhmad ToyIbir, mengatakan seluruh desa di Kecamatan Bayung Lencir telah mengaktifkan kegiatan siskamling sesuai dengan arahan Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin.

"Bahkan siskamling yang dulu kita tahu hanya ada di malam hari namun saat ini siang hari pun tetap aktif melekat di posko relawan Covid-19. Ini dilakukan atas kesadaran masyarakat desa dibawah komando masing-masing kepala desa untuk mewujudkan rasa nyaman dan aman mencegah penyebaran Covid-19 sesuai yang diamanatkan Bapak Bupati."

Ditambahkannya, dukungan anggaran juga telah diberikan oleh pemerintah untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan di lapangan. "Untuk siskamling kan sudah ada anggaran honor bagi petugas Linmas Desa. Dan sekarang ditambah lagi dengan dukungan anggaran Dana Desa untuk relawan yang bertugas di posko Covid-19 jadi tidak ada alasan untuk tidak bisa melaksanakannya" terangnya.

Masih menurut Ibir salah satu contoh Desa Bayat Ilir telah mengaktifkan siskamling dan pos penjagaan Covid-19 sejak awal dikeluarkannya surat edaran Bupati perihal pengaktifan kegiatan siskamling pada desa/kelurahan di Kabupaten Muba. Sehingga saat ini Desa Bayat Ilir masih terkondisikan dengan aman baik dari angka kriminalitas yang tidak meningkat maupun penyebaran Covid-19 masih nihil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3068 seconds (0.1#10.140)