Kunjungi Desa Wisata di Toraja, Sandiaga Uno Jalan Kaki Nikmati Sejuknya Alam Pedesaan

Senin, 22 November 2021 - 15:32 WIB
Kunjungi Desa Wisata di Toraja, Sandiaga Uno Jalan Kaki Nikmati Sejuknya Alam Pedesaan
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mengunjungi Desa Wisata Kole Sawawangan di Tana Toraja, Sulawesi Selatan.Foto/Jufri Tonapa
A A A
TANA TORAJA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) , Sandiaga Uno mengunjungi Desa Wisata Kole Sawangan di Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Kole Sawawangan merupakan salah satu dari 50 desa wisata ADWI 2021.

Kunjungan Sandiaga disambut antusias masyarakat desa setempat. Penyambutan dilakukan dengan berbagai tradisi khas Suku Toraja. Dengan berjalan kaki, di sana Sandiaga menikmati sejuknya alam pedesaan yang masih asri di Desa Wisata Kole Sawangan.

Baca juga: Polisi Dorong 29 Mahasiswi di Bali Korban Kekerasan Seksual Melapor

Tak hanya menikmati sejuknya alam pedesaan, Sandiaga juga melihat proses pembuatan souvenir khas Toraja yang dilakukan ibu-ibu. Dia juga menyempatkan diri berbincang dengan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif seperti pengrajin tradisional anyaman bambu dan melihat praktik menenun.



Sandiaga mengatakan, dengan berbagai potensi yang ada, Desa Wisata Kole Sawangan sangat layak untuk menjadi destinasi unggulan yang ada di Indonesia. "Ini sekaligus menandakan perjalanan kembali Toraja sebagai destinasi unggulan kedua setelah Bali," terang Sandiaga.

Menanggapi pernyataan Menparekraf, pemerintah desa setempat akan terus meningkatkan dan membangun desa mereka. "Agar terus dan tetap menjadi desa wiisata yang menjadi daya tarik unggulan di Indonesia," ucap Kepala Desa Kole Sawangan, Titus Pappang.

Baca juga: Gugatan Praperadilan Tersangka Pinjol Ilegal Ditolak, Hakim Beberkan Alasannya

Diketahui, anugerah desa wisata Indonesia 2021 bertujuan menggerakkan ekonomi secara berkeadilan di desa-desa yang sangat membutuhkan sentuhan. Temanya Indonesia Bangkit. Kekuatan adat dan budaya menjadi daya tarik utama dari desa wisata Kole Sawangan, seperti kain tenun khas suku Toraja dan manik-manik dan lain sebagainya.
(msd)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2201 seconds (11.210#12.26)