Jadi Kebanggaan Kuliner Nusantara, Ini Keistimewaan Sambal Rendang

Sabtu, 20 November 2021 - 22:35 WIB
loading...
Jadi Kebanggaan Kuliner Nusantara, Ini Keistimewaan Sambal Rendang
Rendang selalu menjadi hidangan istimewa di rumah makan Padang. Foto ilsutrasi SINDOnews
A A A
BOGOR - Tercatat, Indonesia saat ini memiliki 322 jenis sambal . Meskipun bahan utama sambal terbuat dari cabai dan memiliki rasa pedas, namun sambal tetap bisa dibedakan dari cara pembuatannya agar rasanya menjadi istimewa. Salah satunya adalah sambal rendang yang kini tersebar di berbagai daerah dan menjadi kebanggaan Indonesia.

Berikut beberapa keistimewaan sambal rendang . Pertama, memiliki keterkaitan dengan budaya. Di Minangkabau, Sumatera Barat, rendang selain makanan khas yang selalu tersedia di setiap rumah makan, juga simbol budaya. Rendang yang terbuat dari bahan daging sapi, santan, cabai memiliki makna tertentu.

Daging sapi adalah simbol yang mewakili 'pemimpin suku', kelapa adalah simbol untuk menghadirkan 'intelektual', cabai mewakili 'pemimpin agama' dan juru masak mewakili 'masyarakat Minangkabau'.

Keistimewaan kedua, sambal rendang memiliki ciri khas di setiap daerah di Indonesia. Meski sambal rendang merupakan sambal khas Minangkabau, namun karena popularitasnya, banyak daerah yang mengadopsi sambal ini.

Karena itu, sambal ala rumahan ini bisa ditemukan dengan mudah di berbagai tempat makan di seluruh Indonesia, bahkan dalam bentuk kemasan yang praktis untuk disimpan dan dibawa bepergian, seperti ABC Sambal Nusantara Rendang.

Nah, ini juga yang mendorong Heinz ABC meluncurkan produk sambal nusantara secara eksklusif di Shopee, termasuk Sambal Rendang, Teri, dan Geprek.

Susanne Migchels, Marketing and R&D Director Kraft Heinz Indonesia & Papua New Guinea mengatakan, dalam memeriahkan kampanye Shopee 12.12 Birthday Sale, pihaknya meluncurkan produk secara eksklusif. Yaitu rangkaian sambal nusantara yang terdiri dari Sambal Teri, Sambal Geprek dan Sambal Rendang yang bisa didapatkan hanya di Shopee.

"Heinz ABC Sambal Nusantara dapat langsung dikonsumsi, tidak perlu repot untuk dimasak, serta bisa digunakan untuk berbagai kuliner khas nusantara dan berkualitas tinggi. Tersedia dalam kemeriahan Shopee 12.12 Birthday Sale yang berlangsung sampai di 31 Desember 2021 mendatang," ujar Susane dalam pernyataannya, Sabtu (20/11/2021).
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1797 seconds (0.1#10.140)