Ketua DPD RI Dianugerahi Gelar Adat Petta Punggawae To Mappatunru dari Addatuang Sidenreng

Rabu, 17 November 2021 - 13:12 WIB
loading...
Ketua DPD RI Dianugerahi Gelar Adat Petta Punggawae To Mappatunru dari Addatuang Sidenreng
Penyerahan gelar Petta Punggawae To Mappatunru kepada Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti oleh oleh Addatuang Sidenreng XXV, Achmad Faisal Andi Sapada, saat berkunjung ke Addatuang Sidenreng di Sidrap, Sulawesi Selatan, Rabu (17/11/2021). Foto/Ist
A A A
SIDRAP - Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti memperoleh gelar Petta Punggawae To Mappatunru saat berkunjung ke Addatuang Sidenreng di Sidrap, Sulawesi Selatan.

Penganugerahan gelar kehormatan ini dilakukan di Saoraja Wanio Addatuang Sidenreng oleh Addatuang Sidenreng XXV, Achmad Faisal Andi Sapada, Rabu (17/11/2021).

Baca juga: Di UMI Makassar, Ketua DPD RI Tegaskan Presidential Threshold Tak Sesuai Konstitusi

LaNyalla yang disambut Tari Padupa dengan iringan gendang khas Sidenreng Rappang, mengikuti prosesi penganugerahan dengan diberikan keris, selempang dan plakat.

"Makna filosofis yang terkandung atau arti dari gelar tersebut adalah, LaNyalla dinobatkan sebagai Sang Bangsawan pemimpin yang sejati dan berwibawa," kata Addatuang Sidenreng XXV, Achmad Faisal Andi Sapada.

Addatuang Sidenreng XXV berharap anugerah gelar adat tersebut dipelihara dengan sebaik-baiknya. Gelar tersebut menurutnya diberikan karena banyak pertimbangan.

"Gelar ini kami berikan kepada bangsawan yang pemberani. Pertimbangannya karena sudah menjadi kebiasaan di Addatuang Sidenreng setiap orang yang berjasa dan bermanfaat bagi Addatuang Sidenreng akan diberikan gelar adat," katanya.

Baca juga: Ketua DPD RI Minta Kebakaran Kilang Minyak di Cilacap Diinvestigasi

Achmad Faisal Andi Sapada menjelaskan, Ketua DPD RI sangat berjasa besar bagi Addatuang Sidenreng. LaNyalla telah memberikan spirit motivasi dan rasa bangga kepada Addatuang Sidenreng untuk terus membina adat di masa datang.

"Kepedulian Ketua DPD RI terhadap Kerajaan Nusantara sangat luar biasa. Ketua DPD RI merupakan orang pertama yang berani menyatakan bahwa kerajaan dan kesultanan Nusantara punya andil besar bagi pendirian bangsa. Sehingga perlu mendapat perhatian yang lebih besar oleh pemerintah," tegasnya.

LaNyalla menyampaikan ucapan terima kasih atas pemberian gelar tersebut. Senator asal Jawa Timur ini juga siap menjaga amanah dan kepercayaan yang telah diberikan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2758 seconds (10.177#12.26)