Bangkit dari Pandemi, DPRD Dukung Pemkab Kendal Ciptakan Wirausaha Baru

Sabtu, 13 November 2021 - 15:47 WIB
loading...
Bangkit dari Pandemi, DPRD Dukung Pemkab Kendal Ciptakan Wirausaha Baru
Ketua DPRD Kendal Muhammad Makmun dalam Sosialisasi Penciptaan Wirasusaha Baru yang diselenggarakan Disnaker Kendal di Balai Desa Jungsemi, Kecamatan Kangkung, baru-baru ini.
A A A
KENDAL - Kreativitas merupakan modal utama bagi seorang wirausaha. Seorang yang kreatif akan terus berinovasi, bahkan ketika dihadapkan pada situasi pandemi Covid-19 sekarang ini. Di tangan orang yang kreatif, tantangan akan dijadikan sebagai peluang.

Demikian disampaikan Ketua DPRD Kendal Muhammad Makmun dalam 'Sosialisasi Penciptaan Wirasusaha Baru' yang diselenggarakan Dinas Tenaga Kerja di Balai Desa Jungsemi, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal, baru-baru ini.

Ketua Dewan mengapresiasi upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal untuk memulihkan perekonomian, khususnya ekonomi kecil, yang terdampak pandemi Covid-19, di antaranya melalui kegiatan sosialisasi yang dilakukan di beberapa wilayah kecamatan di Kabupaten Kendal.

"Tentunya, tidak hanya cukup dengan membangunkan semangat, tapi juga ditindaklanjuti dengan kegiatan-kegiatan pelatihan dan pendampingan untuk pengembangan usaha," kata Makmun.

Untuk peningkatan kapasitas usaha kecil, politisi PKB tersebut menekankan perlunya penguasaan teknologi informasi dan komunikasi. Menurutnya, kondisi zaman yang bergerak ke arah digitalisasi, mengharuskan para pelaku usaha untuk bisa beradaptasi.

Sementara itu Mahfud Sq, Ketua Komisi D DPRD Kendal, mendorong pengembangan wirausaha berbasis potensi kearifan masyarakat lokal. Dia mencontohkan, Pantai Indah Kemangi yang saat ini ramai dikunjungi wisatawan lokal, dapat digali potensi untuk pengembangan wirausaha, selain yang sudah digarap.

"Belum lagi, di sekitar PIK itu juga ada makam Kemangi yang sangat dikramatkan. Ini bisa menjadi magnet wisata bahari dan sekaligus wisata religi. Pengembangan wirausaha bisa sejalan dengan semangat kearifan lokal yang ada," ujarnya.

Dasuki, Kepala Desa Jungsemi, menyampaikan keberadaan Pantai Indah Kemangi (PIK) yang ada di wilayahnya telah membantu mengangkat perekonimian warga setempat. Untuk meningkatkan kunjungan di masa pandemi, pihaknya telah menerapkan protokol kesehatan bagi setiap pengunjung.

“Alhamdulilah, di Kendal kasus Covid-19 terus menurun. Kami tetap terapkan protokol kesehatan kepada setiap pengunjung, biar semua pengunjung juga merasa aman dan nyaman,” tuturnya. CM
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1249 seconds (0.1#10.140)