Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pangandaran Lengkapi Keamanan Pantai Karapyak

Jum'at, 12 November 2021 - 13:41 WIB
loading...
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pangandaran Lengkapi Keamanan Pantai Karapyak
Pantai Karapyak yang berlokasi di Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran kini dilengkapi petugas Bala Wisata Tirta (Balawista). (Ist)
A A A
PANGANDARAN - Pantai Karapyak yang berlokasi di Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran kini dilengkapi petugas Bala Wisata Tirta (Balawista).

Petugas Balawista yang ditugaskan tersebut sudah terlatih dan memiliki sertifikat internasional dalam menangani dan mengawasi keamanan pantai.

Kepala Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran Tonton Guntari, mengatakan, petugas Balawista tersebut disebar di tiga Pos.

"Penugasan personel Balawista merupakan salah satu dari Standard Operating Procedure (SOP) yang diminta oleh Bupati Kabupaten Pangandaran," kata Tonton, Rabu (10/11/2021) lalu.

Tonton menambahkan, Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran telah menyusun dan melengkapi SOP untuk menjamin keselamatan pengunjung pantai agar tidak terjadi kecelakaan laut.

"Idealnya Pos Balawista di pantai Karapyak ada 5 lokasi, namun mengingat beberapa pertimbangan untuk sementara 3 Pos Balawista saja," tambahnya.

Dijelaskan Tonton, panjang tepi pantai Karapyak kurang lebih 2 kilometer dengan kontur pantai berbeda satu lokasi dengan yang lainnya.

"Meski panjang 2 kilometer tidak semua lokasi diminati dan dikunjungi wisatawan, maka sementara kami melengkapi Pos Balawista di 3 lokasi," jelasnya.

Kondisi tepi pantai Karapyak sebagian besar banyak batu karang dan curam dan dilokasinya bukan untuk tempat berenang.

"Lokasi pantai Karapyak ini hanya diperbolehkan untuk bersantai, makan bersama keluarga dan foto saja, bukan untuk berenang," tegas Tonton. Baca: Wakil Gubernur Sumsel: Vaksinasi Jadi Kunci Pemulihan Ekonomi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1368 seconds (0.1#10.140)