Jelajah Wisata Sulsel Sambil Bersepeda Sejauh 333 Kilometer

Rabu, 10 November 2021 - 17:22 WIB
loading...
Jelajah Wisata Sulsel Sambil Bersepeda Sejauh 333 Kilometer
Komunitas sepeda, Sepeda Lipat Makassar (SLIM) bakal menggelar Jelajah Pesona Sulawesi (JPS) 2021 pada tanggal 11-14 November 2021. Foto: Sindonews/Marhawanti Sehe
A A A
MAKASSAR - Komunitas sepeda , Sepeda Lipat Makassar (SLIM) bakal menggelar Jelajah Pesona Sulawesi (JPS) 2021 pada tanggal 11-14 November 2021. Kegiatan bersepeda itu sekaligus menjadi moment untuk mengeksplore sejumlah destinasi wisata andalan di Sulawesi Selatan.

Agenda itu akan melintasi sebanyak sembilan kabupate/kota dengan jarak sejauh 333 kilometer, yaitu dari Kota Makassar menuju Kabupaten Tana Toraja. Ada 150 pesepeda yang akan berpartisipasi. Mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia, mulai dari Makassar, Merauke, Sorong, Bontang, Paser, Kendari, Jakarta, Jogja dan Bekasi.



JPS 2021 turut didukung oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel, Perhimpunan Hotel dan Resto Indonesia (PHRI) Sulsel, serta disponsori Hydrococo dan Fitbar. Rencananya, para pesepeda akan dilepas oleh Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman di Rujab Plt Gubernur.

Ketua Panitia JPS 2021, Syamruddin mengatakan JPS 2021 akan dibagi menjadi tiga Pitstop. Etape 1 di Kabupaten Barru, lalu Etape 2 di Kabupaten Pinrang, serta Etape 3 di Kabupaten Tana Toraja. Para pesepeda rencananya akan disambut oleh Bupati di masing-masing Etape.

"Di Tana Toraja akan ada pembagian doorprize, acara seni dan budaya Sulsel. Pada hari Minggu, kita akan city tour ke Keteketsu dan Londa serta belanja souvenir, lalu kembali ke Makassar," urai Syamruddin.

Ketua SLIM, Yuli Priyono mengatakan JPS 2021 adalah salah satu ajang silaturahmi para pesepeda lipat antar komunitas dari seluruh pelosok Nusantara. JPS sekaligus dijadikan momentum untuk mengenalkan Sulsel sebagai salah satu kota tujuan wisata sepeda (Sport Tourism).

"Ini adalah salah satu upaya kita untuk kembali menyemarakkan wisata. Karena pesepeda banyak yang juga pelaku hotel sehingga merasakan dampak pandemi, jadi ini menjadi kesempatan kita bekerja bersama untuk memulihkan wisata di sepanjang jarak Makassar dan Toraja," jelas General Manager Hotel Santika Makassar ini.



Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel , Muhammad Jufri memberikan apresiasi atas inisiatif SLIM menggelar JPS 2021. Dia menilai, event bersepeda sambil berwisata ini akan memberikan dampak yang lebih luas dalam mendorong kebangkitan event kepariwisataan di tengah pandemi, yaitu Sport Tourism.

"Kami berharap event ini menjadi ajang mengenalkan destiansi wisata baik wisata alam, bahari, dan lokasi yang bersejarah," ungkap Prof Jufri saat konferensi pers di Hotel Claro, Rabu (10/11/2021).
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1431 seconds (0.1#10.140)