Harga Minyak Goreng Melambung, Pemilik Usaha Makanan Naikkan Harga Jual

Senin, 08 November 2021 - 05:58 WIB
loading...
Harga Minyak Goreng Melambung, Pemilik Usaha Makanan Naikkan Harga Jual
Pemilik usaha makanan memilih menaikkan harga daripada mengurangi ukuran. Langkah ini diambil menyusul meroketnya harga minyak goreng.Foto/Agung Sulistyo
A A A
TANAH DATAR - Dampak kenaikan harga minyak goreng , baik kemasan maupun curah sangat berpengaruh terhadap usaha makanan kecil di daerah. Menyikapi kenaikan yang sudah terjadi sejak ttiga bulan terakhir ini, pemilik usaha makanan terpaksa harus mensiasati dengan menaikkan harga jual. Langkah ini untuk menutupi biaya produksi.

Kenaikan harga minyak goreng ini cukup merata di berbagai daerah, bahkan kenaikan ini tidak hanya terjadi pada minyak goreng curah saja, minyak kemasan pun ikut naik.

Baca juga: Festival Ganggong Milang Arei: Merawat Tradisi Mendoakan Arwah di Desa Batu Belubang

Salah satu yang terdampak kenaikan ini adalah pemilik usaha makanan kecil di Simabur, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Pemilik usaha terpaksa harus mensiasati harga jual produknya agar bisa menutup biaya produksi dengan menaikkan harga di pasaran.

Pemilik usaha makanan, Anisar, mengatakan untuk produksi makanan, dia memakai minyak goreng kemasan. "Minyak goreng kemasan lebih baik dan lebih bersih," katanya.

Menurutnya, dalam satu hari usahanya menghabiskan lebih dari 24 liter minyak goreng. "Karena harga minyak goreng naik, ya mau gak mau saya harus menaikkan harga daripada mengurangi ukuran," tambahnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1555 seconds (0.1#10.140)