PKB Kawal 9 ABK Telantar di Amerika hingga Tiba di Indonesia

Jum'at, 05 November 2021 - 19:49 WIB
loading...
PKB Kawal 9 ABK Telantar di Amerika hingga Tiba di Indonesia
Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Lathifah Shohib membantu dan mengawal sembilan Anak Buah Kapal (ABK) asal Jawa Timur yang telantar selama lima bulan di Guam, Amerika Serikat.(Ist)
A A A
JAKARTA - Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Lathifah Shohib membantu dan mengawal sembilan Anak Buah Kapal (ABK) asal Jawa Timur yang telantar selama lima bulan di Guam, Amerika Serikat hingga dipastikan tiba di tanah Air.

Diketahui, sembilan Warga Negara Indonesia (WNI) ini tertahan di Port Comercial pasifik, Guam, Amerika Serikat. Mereka merupakan ABK Voyager dan mengaku belum menerima gaji selama 5 bulan dan tidak dipulangkan.

Selama terlantar, hidup mereka terkatung-katung. Pihak rombongan mencoba berkomunikasi dengan keluarga dan meminta bantuan advokasi. Alhasil, salah satu pihak keluarga ABK asal Dau, Kabupaten Malang, mencoba meminta bantuan advokasi kepada Lathifah Shohib.

"Tanggal 28 Oktober saya ditelepon bapaknya salah satu keluarga ABK. Dia minta bantuan dan saya langsung mengadvokasi melalui Ketum DPP PKB Gus Muhaimin Iskandar yang juga Wakil Ketua DPR RI," kata Lathifah, Jumat (5/11/2021).

Setelah itu pihaknya langsung bergerak cepat dengan melakukan koordinasi bersama pihak terkait. “Kami tangani sekitar sembilan hari dan clear. Tadi pagi ABK melaporkan kepada saya kalau nanti malam diperkirakan sudah mendarat di Soekarno Hatta," tuturnya.

"Hari ini kami dapat konfirmasi sudah pulang sembilan orang. Dua lainnya belum, yang satu sakit dan satunya akan menikah," imbuhnya.

PKB dikatakan Lathifah akan terus mengawal dan berikhtiar agar seluruh ABK ini tetap mendapatkan gaji, meskipun tidak sepenuhnya.

“Ketum kami juga melibatkan pemerintah untuk memulangkan. Kita ikhtiar agar mereka tetap mendapatkan salary," katanya.

Selanjutnya, PKB mendorong adanya sosialisasi yang komprehensif baik kepada ABK maupun para agen untuk benar-benar memastikan bahwa pembeli itu benar.

Salah satu ABK yang berkomunikasi langsung dengan Lathifah, Ali Akbar, mengucapkan syukur karena saat ini sedang dalam perjalanan ke Tanah Air.

Ali Akbar adalah ayah bagi anak pertamanya yang lahir 6 September 2021 lalu. Sebelum berangkat, Akbar pamit kepada istri dan keluarganya hanya sekitar 1,5 bulan. Baca: Korban Tewas Akibat Banjir Bandang Kota Batu Jadi 5 Orang.

Ia mengaku senang karena bisa kembali ke Tanah Air dan kampung halamannya untuk bertemu keluarga tercintanya.

"Bu Nyai saya sudah bisa pulang perjalanan ke Indonesia. Matur suwun nggeh bu supportnya. Saya pribadi sangat berterima kasih," kata Ali Akbar disampaikan kepada politisi PKBLathifah Shohib. Baca Juga: Ekskavator Dikerahkan Cari 6 Korban Hilang Banjir Bandang Kota Batu.

Para ABK yang tiba di Jakarta malam ini dari Amerika Serikat akan langsung menjalani karantina mandiri selama lima hari sebelum kembali ke kampung halaman masing-masing.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1737 seconds (0.1#10.140)