Kelurahan Ini Siagakan Lumbung Pangan bagi Warga Terdampak Corona

Rabu, 22 April 2020 - 15:15 WIB
loading...
Kelurahan Ini Siagakan Lumbung Pangan bagi Warga Terdampak Corona
Sejumlah warga terdampak Covid-19 saat menerima bantuan sembako yang disalurkan di Masjid Al-Ikhlas RW V, Mangunharjo, Semarang, Rabu (22/4/2020). FOTO : SINDOnews/Ahmad Antoni
A A A
SEMARANG - Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang telah menyiagakan Lumbung Pangan guna memasok kebutuhan sembako bagi warga yang paling terdampak pandemi virus corona jenis baru, Covid-19.

Lurah Mangunharjo, Yuliatun mengatakan, Lumbung Pangan ini merupakan gotong-royong dari masyarakat untuk masyarakat. Pihaknya juga menerima donasi bantuan sembako dari pihak luar.

“Lumbung pangan ini adalah dari masyarakat untuk masyarakat. Yang mana disalurkan kepada warga yang terdampak Covid-19 yang belum terlayani, mungkin juga ada yang terlewatkan,” ungkap Yuliatun saat ditemui SINDOnews di sela pembagian sembako di Masjid Al-Ikhlas RW V Mangunharjo, Semarang, Rabu (22/4/2020).

Dia menyampaikan, Lumbung Pangan ini diharapkan bisa bermanfaat dan meringankan beban ekonomi terutama bagi masyarakat yang terdampak Covid-19.

“Kami juga menghubungi para pengusaha memberikan donasi dan mestinya ini bermanfaat bagi masyarakat yang terdampak Covid seperti buruh yang di PHK dan lain sebagainya,” katanya. Dia mencontohkan, belum lama ini pihaknya telah menerima bantuan dari Universitas Dian Nuswantoro (Udinus).

Di sisi lain, dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19, pihaknya intens melakukan patroli malam keliling di sejumlah tempat untuk menyosialisasikan bahaya Covid pada warga.

“Setiap malam kami keliling bersama babinsa babinkamtibmas, tratib , pak RW menegur yang masih bergerombol sekaligus memberi arahan, sosialisasi . Kita juga bawa masker untuk diberikan kepada warga yang tak pakai masker,” ujar dia.

Sementara itu, warga RW V Kelurahan Mangunharjo, saling bahu membahu dan bergotong royong menghimpun pasokan sembako yang kemudian disalurkan kepada warga setempat yang kehidupan ekonominya terdampak Covid-19.

Tak tanggung-tanggung, dalam empat hari mereka mampu mengumpulkan donasi sebanyak Rp35 juta. Dana patungan warga itu pun diwujudkan dalam paket sembako yang berisi 7,5 Kg beras C4, gula pasir 1 Kg, 2 liter minyak goreng, setengah kilogram telur ayam, indomie 5 bungkus, kecap botol dan uang Rp50 ribu.

“Dalam empat hari, kita berhasil mengumpulkan Rp35 juta. Rinciannya, Rp20 juta dari Masjid Al-Ikhlas dan Rp15 juta dari warga. Selanjutnya kita berikan kepada warga terdampak Covid-19 maupun yang saat ini membutuhkan,” kata Ketua RW V, Suwarno.

Dia menyebutkan, ada sekitar 153 warga dari 12 RT di wilayahnya yang mendapatkan sembako yang dibagikan selama 2 hari, Selasa-Rabu (21-22/4/2020). “Kami bersama takmir masjid memberikan sembako senilai Rp250 ribu. Mudah-mudahan bermanfaat bagi warga. Kami sampaikan terima kasih pada warga yang pro aktif,” ungkapnya.
(nun)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1621 seconds (0.1#10.140)