Cegah Pungli di Uji KIR, UPT Pengujian Kendaraan Beralih ke Digital

Jum'at, 05 November 2021 - 16:59 WIB
loading...
Cegah Pungli di Uji KIR, UPT Pengujian Kendaraan Beralih ke Digital
UPT Pengujian Kendaraan Dishub KBB kini telah menerapkan aplikasi Sipengukir sehingga memudahkan pelayanan dan menghindari praktik percaloan. Foto/MPI/Adi Haryanto
A A A
BANDUNG BARAT - Praktik percaloan dan pungutan liar (pungli) dalam pengurusan uji kendaraan bermotor (KIR) terus dicegah dan diberantas. Guna menutup ruang gerak adanya oknum tersebut, UPT Pengujian Kendaraan Bermotor (Uji KIR) Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bandung Barat (KBB) beralih ke pelayanan digital.

Salah satunya dengan mengembangkan Sistem Informasi Pengawasan dan Pengendalian Uji KIR (Sipengukir). Aplikasi itu merupakan sistem yang terintegrasi baik pelayanan, pelaporan, hingga pengawasan. Masyarakat bisa memantau langsung pelayanan karena data yang ditampilkan real time.

"Kami tidak mau ada pungli atau percaloan di KIR, makanya ketika sebelumnya udah ada layanan Akurat sekarang diperkuat oleh Sipengukir. Mencakup layanan bayar, penerimaan retribusi, riwayat penerbitan bukti lulus uji elektronik, dll," kata Kepala UPTPengujian Kendaraan, Dishub KBB, Herry Arifin, Jumat (5/11/2021).

Aplikasi Sipengukir akan memudahkan pengawasan administrasi, antrean, retribusi, juga informasi terkait pelayanan-palayanan. Serta ada informasi tarif, mekamisme pelayanan, persyaratan administrasi, visi, misi, jaminan kepastian pelayanan, SDM, dan masih banyak lagi.

Ada juga pengawasan CCTV totalnya 20 titik di ruang pelayanan dan di luar perkantoran untuk mengantisipasi adanya praktik pungli. Termasuk ada spot pendaftaran mandiri seperti mesin ATM, sehingga masyarakat bisa daftar langsung dan bayar secara online.

Mereka yang sudah input data di aplikasi ini otomatis terdaftar mendapatkan kode bayar, dan tinggal menunggu antrean mobil diperiksa. "Melalui aplikasi ini semua jadi transparan. Masyarakat yang tidak puas dengan pelayanan uji KIR juga bisa langsung menggadukan," tegasnya. Baca juga: Penyidik Kembali Periksa Anak Nia Daniaty Terkait Dugaan Kasus Penipuan Modus CPNS

Kepala Dishub KBB Lukmanul Hakim, mendukung inovasi digital yang dikembangkan oleh UPT Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB). Tujuannya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dengan menerapkan penggunaan teknologi informasi dan transparan.

"Masyarakat jadi lebih mudah mengontrol kinerja petugas dalam melakukan tugas dan fungsinya. Adanya aplikasi Sipengukir akan lebih meningkatkan pelayanan bagi masyarakat," imbuhnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2865 seconds (0.1#10.140)