2 Nakes Positif COVID-19 Diduga Terpapar Pasien yang Dirawat

Kamis, 04 Juni 2020 - 19:17 WIB
loading...
2 Nakes Positif COVID-19 Diduga Terpapar Pasien yang Dirawat
Dua nakes di Kota Solo yang terkonfirmasi positif corona diduga tertular saat menangani pasien. FOTO : DOK SINDOnews
A A A
SOLO - Dua tenaga kesehatan (nakes) di Kota Solo yang terkonfirmasi positif corona virus (COVID-19) diduga tertular saat menangani pasien. Kedua nakes yang bekerja di RSUD Bung Karno Solo, kini telah menjalani perawatan intensif.

Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Solo Ahyani, kedua nakes yang positif COVID-19 kini dirawat di RSUD Bung Karno yang selama ini menjadi tempatnya bekerja. Keduanya terdeteksi melalui swab tenggorokan. Diduga kedua nakes terpapar saat kontak dengan pasien yang ditangani mengingat RSUD Bung Karno juga merawat pasien positif COVID-19.

“Sejauh ini belum mempengaruhi pelayanan kesehatan,” kata Ahyani, Kamis (4/6/2020).(Baca juga : Tambah Lagi, Dua Tenaga Medis di Solo Positif COVID-19 )

Namun ada kemungkinan lain, yakni tertular rekan sejawat yang sebelumnya ada terpapar COVID-19. Dengan adanya nakes di RSUD Bung Karno Solo yang terpapar COVID-19, maka kewaspadaan semakin ditingkatkan dengan memperketat protokol kesehatan. Pada sisi lain, Dinas Kesehatan selanjutnya akan melakukan tracking terhadap kontak erat kedua pasien ini. Kedua nakes itu merupakan warga Solo.

Saat ini total terdapat enam nakes yang bekerja di fasilitas layanan kesehatan milik Pemkot Solo terkonfirmasi COVID-19. Sebelumnya, terdapat empat nakes positif COVID-19 yang terdeteksi melalui swab tenggorokan. Sementara dengan penambahan dua pasien, jumlah warga Solo yang terkonfirmasi COVID-19 menjadi 36 orang. Dari jumlah itu, 10 orang dirawat, 22 orang telah sembuh, dan empat meninggal dunia.(Baca juga : Pemda DIY Mulai Siapkan Protokol New Normal )
(nun)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2505 seconds (11.97#12.26)