Percepat Pengentasan COVID-19, Siloam Hospitals Labuan Bajo Hadirkan Laboratorium RT-PCR

Rabu, 03 November 2021 - 00:30 WIB
loading...
Percepat Pengentasan COVID-19, Siloam Hospitals Labuan Bajo Hadirkan Laboratorium RT-PCR
Dalam rangka pengentasan pandemi COVID-19 dan untuk mendukung dibukanya kembali pariwisata, Siloam Hospitals Group melalui Siloam Hospitals Labuan Bajo menghadirkan laboratorium RT-PCR COVID-19. Foto ist
A A A
LABUAN BAJO - Dalam rangka pengentasan pandemi COVID-19 dan untuk mendukung dibukanya kembali pariwisata, Siloam Hospitals Group melalui Siloam Hospitals Labuan Bajo menghadirkan laboratorium RT-PCR COVID-19. Laboratorium RT-PCR COVID-19 ini merupakan yang pertama di Kabupaten Manggarai Barat.

Direktur Siloam Hospitals Labuan Bajo, dr Hermas Irawan, MM mengatakan, laboratorium tersebut untuk mendukung akses tes COVID-19 bagi masyarakat di Labuan Bajo dan sekitarnya. “Kehadiran laboratorium RT-PCR COVID-19 ini akan menjadi salah satu upaya meningkatkan pelayanan kesehatan, terutama dalam penanganan COVID-19 di Kabupaten Manggarai Barat," kata dr Hermas Irawan, Selasa (2/11/2021).

Proses pengumpulan dan pengujian sampel, lanjut dia, kini dapat dilakukan di daerah, tidak perlu mengirim sampel tes hingga ke luar pulau. "Hal ini tentunya sangat memudahkan untuk mengetahui apakah seseorang positif COVID-19 atau tidak dan tentunya hal ini berdampak pula pada penanganan yang bisa lebih cepat dan optimal,” ujarnya.

Selain kebutuhan bagi pasien, laboratorium RT-PCR Siloam Hospitals Labuan Bajo juga memudahkan wisatawan lokal maupun luar negeri yang sudah mulai kembali berdatangan untuk berwisata di Labuan Bajo. Terutama, tambahnya, karena laboratorium tersebut yang sudah terhubung dengan aplikasi PeduliLindungi.

Layanan swab RT-PCR di Labuan Bajo dapat dilakukan 24 jam setiap harinya dengan harga sesuai dengan peraturan dari pemerintah yakni Rp300.000 dengan hasil H+1. Selain RT-PCR, Siloam Hospitals Labuan Bajo juga melayani tes antigen dan serologi kuantitatif untuk pengecekan antibodi.

“Kami berharap dengan layanan tes yang mudah diakses dan semakin terjangkau, penanganan COVID-19 khususnya di Kabupaten Manggarai Barat yang saat ini pun sudah menunjukkan tren yang sangat baik dapat semakin cepat dilakukan,” tambah dr Hermas.

Deketahui, sejak dibuka pada Januari 2016, Siloam Hospitals Labuan Bajo telah melayani pasien lokal, ekspatriat, dan wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo. Dalam upaya peningkatan layanan wisata kesehatan bagi turis mancanegara dan lokal, Siloam Hospitals Labuan Bajo menyediakan fasilitas Hyperbaric Oxygen Chamber Therapy (HBOCT), pertama dan satu-satunya di Nusa Tenggara Timur.

Selain untuk penanganan penyakit dekompresi yang biasanya dialami oleh para penyelam laut dalam, HBOCT juga bermanfaat untuk mengobati berbagai kondisi medis, antara lain penyembuhan luka bakar dan luka terkait penyakit diabetes melitus serta pencangkokan kulit.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2308 seconds (0.1#10.140)