2 Anak Tenggelam Saat Berwisata di Pantai Karapyak Pangandaran

Minggu, 31 Oktober 2021 - 20:03 WIB
loading...
2 Anak Tenggelam Saat Berwisata di Pantai Karapyak Pangandaran
Proses evakuasi korban kecelakaan laut di Pantai Karapyak, Pangandaran, Jawa Barat. Foto/dok Tagana
A A A
PANGANDARAN - Wisatawan asal Kota Banjar tenggelam di laut pantai Karapyak tepatnya Dusun Bagolo Kolot RT 013/007, Desa Bagolo, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Minggu (31/10/2021).

Ketua TAGANA Kabupaten Pangandaran Nana Suryana mengatakan, kecelakaan laut terjadi kepada dua anak yang sedang berwisata bersama keluarga. "Korban bernama Muhamad Usamah Salahudin (13) dan Jakariah Fajar (9)," kata Nana.

Baca juga: HT Minta Kader Partai Perindo Aktif Sumbang Pemikiran untuk Pembangunan Daerah

Nana menambahkan, sekitar pukul 13.00 WIB warga setempat Riki Firmansyah (30) sedang makan besebelahan dengan kedua korban di pinggir pantai. "Korban waktu itu hendak berenang dan diingatkan Riki untuk tidak berenang pada jam tersebut," tambah Nana.

Namun peringatan Riki tidak dihiraukan oleh kedua korban, saat korban berenang orang tua korban sedang melaksanakan shalat Dzuhur. "Riki waktu itu mengambil kelapa muda dan saat mengupas kelapa muda melihat ke dua anak itu sudah ditengah laut dengan kondisi tangan keatas seperti meminta pertolongan," jelasnya.

Dia menjelaskan, setelah itu salah satu warga Inhan (54) melihat ke dua korban tenggelam dan berteriak meminta tolong. "Secara spontan warga lainnya Sahyu (34) membawa ban mobil sebagai pelampung untuk menolong korban," papar Nana.

Baca juga: Masuk 500 Tokoh Muslim Paling Berpengaruh Dunia, Khofifah Sejajar Presiden Iran Ebrahim Raisi

Menurut keterangan Sahyu, jarak antara bibir pantai dan lokasi korban sekitar 100 meter. "Saat menolong korban atas nama Jakariah Fajar, Sahyu sempat melihat korban atas nama Muhamad Usamah Salahudin dalam kondisi telungkup dan tidak sadarkan diri," tutur Nana.

Dari proses pertolongan yang dilakukan, hanya korban atas nama Jakariah Fajar yang berhasil diselamatkan. "Waktu proses pertolongan, korban atas nama Jakariah Fajar dalam kondisi sadar sehingga mudah dievakuasi," paparnya.

Diperkirakan antara keberadaan Jakariah Fajar dengan Muhamad Usamah Salahudin sekitar 4 meter. Sampai berita ini ditulis tim gabungan dari polisi, TNI, Tagana, BPBD masih melakukan pencarian kepada korban atas nama Muhamad Usamah Salahudin.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3180 seconds (0.1#10.140)