Perangi Berita Hoaks, Kapolres Pekalongan: Peran Media Sangat Penting

Sabtu, 30 Oktober 2021 - 06:08 WIB
loading...
Perangi Berita Hoaks, Kapolres Pekalongan: Peran Media Sangat Penting
Kapolres Pekalongan AKBP Fajar Arief Satria bertemu dengan anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pekalongan di Sekretariat Jalan Merbabu. Foto/Ist
A A A
PEKALONGAN - Polres Pekalongan membangun sinergitas bersama awak media yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pekalongan di Sekretariat Jalan Merbabu. Kapolres Pekalongan AKBP Fajar Arief Satria menilai media merupakan mitra strategis Polri.

"Media sebagai Mitra strategis Polri dalam hal ini khususnya dalam menghadapi era post truth dan bahkan menghadapi proxy war. Sinergitas itu bisa terwujud di mana media selaku mitra Kepolisian senantiasa mendukung apa yang menjadi hal-hal positif yang diberikan ke polisi selama ini," kata Kapolres dalam keterangannya Sabtu (30/10/2021).



Menurut dia, peran media sangat penting untuk memerangi berita bohong atau hoaks. Peran media juga sangat penting untuk kemajuan teknologi 4.O. Apalagi era dunia maya yang perkembangan sangat pesat dan harus disikapi.

"Oleh karena itu kita perlu menjalin sinergitas yang lebih intens lagi bersama awak media. Masyarakat bisa kondusif. Namun kalau hanya polisi tidak terwujud."

"Oleh karena itu dibutuhkan piranti-piranti yang ada di sekelilingnya, stakeholder lainnya ya bukan cuman di internal tetapi di external salah satunya adalah media. Sebab peran media sangat penting untuk menciptakan yang kondusif," lanjutnya.


Kapolres menjelaskan, dalam kegiatan-kegiatan lain semua harus saling mendukung dan mengisi. Apabila hal itu terwujud tentunya bisa menekan sedini mungkin situasi ataupun kondisi yang kurang kondusif menjadi kondusif.

"Ya memang ini saat ini sudah kondusif, untuk itu kita membangun lebih kondusif lagi. Karena rekan-rekan media juga berperan sebagai informasi dari masyarakat untuk diteruskan kepada kepolisian, sehingga kita bisa melakukan langkah-langkah klarifikasi atau menyampaikan fakta atau data yang ada," harapnya.

Sementara Ketua PWI Kabupaten Pekalongan, Triyono menambahkan bahwsa awak media yang tergabung dalam organisasi PWI sudah lama menjalin sinergitas dengan Polres Pekalongan.

Namun demikian dengan kedatangan Kapolres Pekalongan AKBP Arief Fajar Satria dapat meningkatkan sinergitas supaya jauh lebih baik lagi. Bahkan tak hanya dengan Polri, sinergitas juga dijalin dengan Pemkab Pekalongan, TNI, Kejaksaan dan semua elemen masyarakat.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1889 seconds (0.1#10.140)