Panen Raya, Lantamal V Wujud Ketahanan Pangan Saat Pandemi COVID-19

Kamis, 04 Juni 2020 - 07:35 WIB
loading...
Panen Raya, Lantamal V Wujud Ketahanan Pangan Saat Pandemi COVID-19
Panen raya padi varietas Ciherang di Komplek Lahan Pesawahan TNI AL Kenjeran Surabaya. Foto/Ist
A A A
SURABAYA - Upaya mendukung pemerintah dalam mewujudkan gerakan ketahanan pangan, terus dilakukan oleh Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) V Surabaya.

Hal tersebut dibuktikan saat Komandan Lantamal V Laksma TNI Tedjo Sukmono melaksanakan panen raya padi varietas Ciherang di Komplek Lahan Pesawahan TNI AL Kenjeran Surabaya, Selasa (2/6).

Panen raya diawali dengan pemotongan secara simbolis padi varietas Ciherang oleh Laksma Tedjo. Kemudian diikuti oleh seluruh Asisten dan Kasatker Jajaran Lantamal V. (Baca juga: Kabar Baik, Tenaga Medis Lantamal V Surabaya Bebas Corona )

Padi varietas Ciherang merupakan jenis padi hasil dari persilangan antara varietas unggul padi lokal yang bertujuan menghasilkan varietas padi unggulan.

Untuk menghasilkan padi yang berkualitas, dalam program ini Lantamal V bekerja sama dengan Gabungan Kelompok Tani (Gapokan) yakni Kelompok Tani Lebak dan Kelompok Tani Kenjeran, pada lahan pertanian seluas kurang lebih 72 hektare.

Laksma Tedjo mengatakan, kebutuhan akan pangan merupakan sektor penting di tengah pandemi COVID-19 yang melanda di seluruh dunia. Bahkan Badan Pangan Dunia FAO telah mengingatkan bahwa saat ini dunia diambang krisis pangan.

“Ketahanan pangan sangatlah penting dilakukan mulai dari kesiapan produksi, kesiapan industri, pengolahan pasca panen dan pendistribusiannya harus kita siapkan sebaik mungkin, dan alhamdulillah panen kali ini sangat melimpah sesuai harapan,“ kata Tedjo.

Orang nomor satu di Lantamal V ini mengatakan, program ketahanan pangan yang dilaksanakan oleh seluruh satuan TNI AL di jajaran Koarmada II tidak lepas dari instruksi Pangarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto. Heru begitu peduli terhadap peran dan eksistensi prajurit dalam membantu pemerintah mengatasi situasi dan kondisi karena dampak COVID-19 di berbagai sektor kehidupan masyarakat.
(nth)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1263 seconds (0.1#10.140)