Belum Ada Jadwal Musda, Nasib Menantu Soekarwo di DPD Partai Demokrat Jatim Tak Jelas

Senin, 25 Oktober 2021 - 01:35 WIB
loading...
Belum Ada Jadwal Musda, Nasib Menantu Soekarwo di DPD Partai Demokrat Jatim Tak Jelas
Plt Sekretaris DPD Partai Demokrat Jatim, Bayu Airlangga. Foto/SINDOnews/Lukman Hakim
A A A
SURABAYA - DPP Partai Demokrat, belum membuka pendaftaran Musyawarah Daerah (Musda) DPD Partai Demokrat Jatim. Kondisi ini membuat berkas dukungan bakal calon Ketua DPD Partai Demokrat Jatim, Bayu Airlangga belum bisa diproses.



"Jadi, DPP Partai Demokrat sebenarnya sedang menerima berkas pernyataan dukungan yang diserahkan bakal calon. Secara resmi jadwal pendaftaran calon dibuka setelah ditetapkannya jadwal Musda. Kami kemarin sebatas menerima berkas pendaftaran yang diserahkan," kata Sekretaris Badan Pembina Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan (BPOKK) DPP Partai Demokrat, Rocky Amu, Minggu (24/10/2021).



Rocky Amu menegaskan, dalam aturan organisasi, verifikasi berkas baru bisa dilaksanakan sehari sebelum Musda digelar. Setelah itu, DPP Partai Demokrat akan menetapkan bakal calon ketua DPD Partai Demokrat yang nantinya akan bertarung merebut kursi ketua DPD Partai Demokrat.



"Jadi belum ada keputusan keabsahan dukungan karena harus melewati proses verifikasi. Yang akan dilaksanakan H minus satu sebelum Musda. Untuk kemudian ditetapkan surat penetapan bakal calon dari BPOKK," tambahnya.

Meski belum membuka pendaftaran, Rocky Amu memastikan, DPP Partai Demokrat tetap menerima berkas dukungan terhadap menantu mantan Gubernur Jatim, Soekarwo tersebut. "Jadi sebenarnya pendaftaran belum dibuka karena jadwal Musda. Tetapi jika ada yang menyerahkan berkas kami terima," tambahnya.



Sementara itu, terkait pelaksanaan Musda, menurut Rocky Amu, usulan itu harus disampaikan oleh pimpinan DPD Partai Demokrat yang ditandatangani oleh ketua dan sekretaris. Setelah usulan resmi diberikan, DPP Partai Demokrat akan memproses dan menetapkan jadwal Musda.

"Kemarin ada aspirasi berkaitan permohonan jadwal dan sudah kami teruskan ke pimpinan dan sedang digodok. Proses permohonan Musda diawali DPD Partai Demokrat, dan DPP Partai Demokrat menindaklanjuti apakah bisa dilaksanakan atau tidak," katanya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2961 seconds (0.1#10.140)