Gempa Malang Juga Dirasakan di Sejumlah Kota, Getaran Seperti Truk Lewat

Jum'at, 22 Oktober 2021 - 10:19 WIB
loading...
Gempa Malang Juga Dirasakan di Sejumlah Kota, Getaran Seperti Truk Lewat
Gempa bumi mengagetkan warga Malang Raya. Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews/Yuswantoro
A A A
MALANG - Gempa bumi kembali mengguncang wilayah Malang Raya. Getaran gempa bumi yang cukup kuat pada Jumat (22/10/2021) pagi, sekitar pukul 09.21 WIB, sangat mengagetkan warga yang tengah beraktivitas.



Dari hasil analisa BMKG, gempa yang berpusat di tengah lautan tersebut, merupakan gempa tektonik. Dalam keterangan tertulis di website BMKG, Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno menyebutkan, terbaru gempa bumi tersebut bermagnitudo 5,1.



Pusat gempa bumi terletak pada koordinat 8,81° LS; 112,49° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 75 km arah selatan Kepanjen, Kabupaten Malang, pada kedalaman 98 km. Memperhatikan pusat gempa dan kedalaman hiposenternya, ini merupakan gempa bumi menengah akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia terhadap lempeng Eurasia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).



Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Blitar III-IV MMI, yakni dirasakan oleh orang banyak dalam rumah. Sedangkan di Ponorogo, Malang, Pasuruan, Nganjuk, Mojokerto, Pacitan, Lumajang, Jember, Trenggalek II-III MMI, yakni getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu.



Sementara di Pacitan II MMI, getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1072 seconds (0.1#10.140)