Gunungkidul Raih Predikat WTP dari Kemenkeu 6 Kali Berturut-turut

Sabtu, 16 Oktober 2021 - 11:56 WIB
loading...
Gunungkidul Raih Predikat WTP dari Kemenkeu 6 Kali Berturut-turut
Bupati Gunungkidul Sunaryanta menerima piagam predikat wajar tanpa pengecualian dari Kementrian Keuangan. Foto SINDOnews
A A A
GUNUNGKIDUL - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul kembali memperoleh predikat wajar tanpa pengecualian ( WTP ) dari Kementrian Keuangan (Kemenkeu). Predikat ini diterima Gunungkidul untuk keenam kalinya secara berturut-turut.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengatakan, keberhasilan Gunungkidul mendapatkan predikat WTP selama enam tahun berturut-turut merupakan kebrhasilan bersama. Hal ini menjadikan pihaknya harus mempertahankan dan meningkatkan prestasi kinerja.

"Tentu penghargaan pemerintah ini merupakan kerja keras dari semua komponen Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Gunungkidul. Ini keberhasilan semua ASN. Harapan kita ke depan rutin mendapatkan predikat WTP," terangnya kepada wartawan Jumat (15/10/2021).

Dijelaskannya, kerja keras dan transparansi dalam tata kelola pemerintahan dengan berpedoman pada ketentuan akuntansi sangat penting. Hal ini menjadi salah satu upaya untuk menghindarkan praktik korupsi di lingkungan Pemkab Gunungkidul."Kita utamakan keterbukaan informasi. Kemudian ketaatan pada aturan. Karena ini menjadi dasar bagi penyelenggaraan pemerintahan yang baik dengan transparan dan akuntabel," tandasnya.

Pemberian piagam ini disampaikan Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi DIY Arif Wibawa kepada Bupati Gunungkidul Sunaryanta pada Kamis (14/19/2021). Predikat WTP kata Arif, sebagai bentuk penghargaan penyelenggaraan pemerintahan dengan penerapan prinsip akuntansi keuangan dengan baik atas kewajaran informasi keuangan yang telah memenuhi empat kriteria.

Di antaranya adalah kesesuaian dengan standar akutansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dan efektivitas sistem pengendalian internal.

"Pemkab Gunungkidul telah melakukan sesuai dengan kaidah kaidah pengelolaan keuangan dengan baik. Hal ini berdampak pada kepercayaan dari para investor. Semoga dengan diraihnya WTP (Pemkab Gunungkidul) akan semakin lebih baik lagi" katanya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3235 seconds (0.1#10.140)