Bandara Kertajati Dukung Rantai Pasok Produk Kelautan dan Perikanan Jabar

Jum'at, 15 Oktober 2021 - 15:02 WIB
loading...
Bandara Kertajati Dukung Rantai Pasok Produk Kelautan dan Perikanan Jabar
Penandatangan surat pernyataan dukungan integrasi logistik produk kelautan dan perikanan melalui pemanfaatan Bandara Kertajati. Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB) siap menjadikan BIJB di Kertajati, Majalengka sebagai bagian dari rantai pasok produk kelautan dan perikanan Jabar. Kesanggupan ini disampaikan manajemen BIJB di acara Forum Industri Pengolahan Ikan Skala Menengah Besar yang digelar Pemprov Jabar melalui Dinas Perikanan dan Kelautan Pemerintah Provinsi Jabar di area kedatangan internasional BIJB.

Kegiatan yang bertujuan untuk merangsang para pengusaha di bidang usaha perikanan tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jabar, Hermansyah dan Kepala Bidang Pilahsar, Erlina Dai Saputra.

"Kegiatan ini bertujuan untuk memaksimalkan pengolahan ikan dengan target skala besar, termasuk kegiatan distribusinya, khususnya kegiatan ekspor dan impor agar tercapainya benefit perekonomian secara makro," ujar Hermansyah, Jumat (15/10/2021).

Sementara itu, Direktur PT BIJB, Muhamad Singgih mengatakan, dukungan Bandara Kertajati sebagai bagian rantai pasok produk kelautan dan perikanan bertujuan agar supply chain komoditi berjalan dengan baik. Dalam konteks kesiapan fasilitas bandara, lanjutnya, Bandara Kertajati sudah sangat siap untuk melaksanakan kegiatan ekspor dan impor ataupun pengangkutan kargo dalam dan luar negeri.

"Ditinjau dari sisi operasional, penerbangan sudah beroperasi sejak 2018 dan fasilitas gudang kargo sudah tersertifikasi oleh regulator, tinggal barang apa yang akan dikirimkan atau didatangkan melalui Bandara Kertajati," tuturnya.

VP of ICT PT BIJB, Agus Sugeng Widodo mengatakan, terdapat banyak keunggulan yang didapat dari fasilitas kargo Bandara Kertajati, di antaranya antrean pelayanan gudang lebih cepat karena tidak ada antrean kargo incoming dan outgoing.

"Biaya SMU, jasa gudang, dan pemeriksaan RA lebih murah dibandingkan bandara lain. Jarak dan waktu tempuh yang lebih pasti juga tingginya demand atas pengiriman kargo (terutama general cargo/e-commerce)," katanya.

Ke depan, pihaknya juga memprediksi ada potensi peningkatan frekuensi dan pengembangan rute. Layanan kargo Kertajati pun makin lengkap usai ditetapkan sebagai Kawasan Pabean (Kepmenkeu No. Kep-847/WBC.09/2019). "Pengelola terminal kargo telah memiliki sertifikat ISAGO (IATA Safety Audit for Groud Operations)," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, dilakukan penandatangan surat pernyataan dukungan integrasi logistik produk kelautan dan perikanan melalui pemanfaatan Bandara Kertajati. Penandatanganan diwakili oleh Direktur Operasional PT Citradimensi Arthali, Didit Tri Prastyo dan Factory Manager PT Pahala Bahari Nusantara, Ferly Kurnia Santoso sebagai perwakilan dari industri pengolahan ikan skala menengah besar serta Direktur PT BIJB, Muhamad Singgih.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1123 seconds (0.1#10.140)