Sembilan UKM Lingkar KEK Mandalika Masuk Final Festival Kreatif Lokal 2021

Jum'at, 15 Oktober 2021 - 07:41 WIB
Sembilan UKM Lingkar KEK Mandalika Masuk Final Festival Kreatif Lokal 2021
Head of Regional SSD - Bali & Nusa Tenggara Surya Almada Syahlani mengatakan peserta Festival Kreatif Lokal 2021 akan menjadi local heroes yang turut berperan menumbuhkan geliat positif aktivitas ekonomi kreatif di Mandalika. SINDOnews/Edi
A A A
MATARAM - Sembilan usaha kecil dan menengah (UKM) lokal terpilih mendampingi Mandalika dalam final Festival Kreatif Lokal 2021. Kesembilan UKM itu berasal dari katagori usaha Fesyen, Kuliner, dan Kriya.

Kesembilan UKM itu adalah Kuliner , Tri Utami Jaya, Songgajah, Yant Sorghum. Katagori Kriya, Indah Mutiara Lombok, Mutiara Lombok Waidah, Mawar Ketak Lombok. Sementara katagori Fashion :Seagana Batik Sasambo, Allea Galeri Etnik Indonesia, dan Tetjanting.

Festival Kreatif Lokal 2021 merupakan program kolaborasi Adira Finance dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI. Penyelenggaraan Festival Kreatif Lokal 2021 di Destinasi Super Prioritas Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB), ini menggelorakan semangat pelaku ekonomi kreatif lokal menciptakan inovasi baru untuk kemajuan usaha mereka. Kegiatan ini mendukung 56 UKM di Mandalika agar menciptakan produk berskala nasional yang dapat bersaing secara internasional.

Head of Regional SSD - Bali & Nusa Tenggara Surya Almada Syahlani mengatakan peserta Festival Kreatif Lokal 2021 akan menjadi local heroes yang turut berperan menumbuhkan geliat positif aktivitas ekonomi kreatif di Mandalika. “ Kegiatan ini ada akhirnya bermuara pada peningkatan perekonomian setempat,” kata Surya Almada Syahlani saat konfrensi pers melalui pertemuan online pada Kamis (14/10/2021).



Surya menilai penyelenggaraan Festival Kreatif Lokal 2021 di Mandalika akan membawa para UKM lebih matang dalam menyiapkan produk yang memiliki daya tarik dengan kualitas prima, sehingga mendapatkan nilai jual lebih tinggi.

Terutama dengan adanya pembangunan sirkuit Mandalika yang turut membantu destinasi super prioritas ini menjadi pusat perhatian dunia, di samping Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang terus mempromosikan kawasan tersebut sebagai salah satu primadona tujuan wisata di Indonesia dengan kekayaan alam dan kearifan budaya lokal. Kondisi ini akan menjadi peluang istimewa bagi para UKM untuk menunjukkan diri, sehingga dapat menjadikan Mandalika juga dikenal akan keunikan produk ekonomi kreatifnya.

Pendapat yang sama juga dilontarkan Founder e-Camp sekaligus mentor Festival Kreatif Lokal 2021 Kukuh Indra Prasena. Dia berharap peserta Festival Kreatif Lokal 2021 di Destinasi Super Prioritas Mandalika mampu mengoptimalkan potensi bisnis dari peluang perhelatan balapan internasional. Baca: Setahun Buron Usai Tikam Teman di Kolaka, Pria Ini Ditangkap di Wajo.

”Kegiatan selama Festival Kreatif Lokal 2021 merupakan bagian dari rangkaian pelaku UKM untuk menghasilkan terobosan yang inovatif dan nyata sebagai jawaban tuntutan pasar. Melalui Festival Kreatif Lokal 2021, pelaku UKM mendapatkan materi yang relevan sehingga produk dan jasanya dapat memiliki nilai ekonomi dan kompetitif di pasaran,” ujarnya.

Sembikan UKM local hero ini akan menjalani coaching camp yang lebih intensif dari Prasetiya Mulya ELI dan e-Camp Indonesia, menggunakan metode yang dapat langsung diterapkan para UKM untuk menumbuhkan usaha kreatif mereka.

Selain itu, sembilan UKM local hero ini akan dinilai Dewan Juri, yang terdiri dari lima tokoh dengan kepakaran dan pengalaman dalam bidang bisnis serta ekonomi kreatif. Dewan Juri ini terdiri dari pendiri M Bloc Space, Handoko Hendroyono, sebagai Ketua Dewan Juri; serta sebagai Anggota Dewan Juri adalah Direktur Utama Adira Finance, Hafid Hadeli. Baca Juga: Ridwan Kamil: Jabar Bangun Peradaban Baru Lewat Ekonomi Kreatif.

Kemudian, Deputi Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf RI, Nia Niscaya; Direktur SDM & Marketing Adira Finance, Swandajani Gunadi; Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf, Yuana Rochma Astuti; serta Direktur Adira Insurance, Wayan Pariama.
(nag)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2064 seconds (11.97#12.26)