5 Fakta Kasus Pemukulan Pedagang di Tanah Air, Nomor 4 Sempat Viral

Jum'at, 15 Oktober 2021 - 07:03 WIB
5 Fakta Kasus Pemukulan Pedagang di Tanah Air, Nomor 4 Sempat Viral
Kasus pemukulan pemilik cafe oleh Satpol PP di Gowa, Sulawesi Selatan sempat Viral. Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mencari rezeki sebagai seorang pedagang tentu juga terdapat beberapa risiko yang harus dihadapi. Mulai dari preman, satpol PP, dan peraturan-peraturan lainnya yang harus ditaati.

Tak jarang seorang pedagang menjadi korban kekerasan yang dilakukan oleh berbagai pihak karena berbagai macam faktor. Contohnya seperti kekerasan yang dilakukan oleh preman karena tidak diberi uang saat pemalakkan. Berikut ini adalah beberapa kasus pemukulan terhadap pedagang.

1. Deli Serdang, Sumatera Utara

Seorang preman berinisial BS diduga melakukan penganiayaan terhadap pedagang sayur berinisial LG di Deli Serdang, Sumatera Uatar. Kasus ini berawal dari video viral yang merekam keributan antara LG dan BS pada 5 September 2021 lalu.



Tindakan premanisme telah dilakukan oleh BS terhadap LG. Saat ditangkap, pria ini telah mengakui perbuatannya. Namun, BS ternyata juga melaporkan LG karena dirinya juga dipukul pada saat kejadian. Hal ini menyebabkan LG yang memukul untuk membela diri juga ditetapkan sebagai tersangka.

Akibatnya, kasus ini memunculkan kritik dari beberapa pihak. Laporan dari LG ditarik dan ditangani oleh Polrestabes Medan, sementara laporan dari BS ditangani oleh Ditreskrimun Polda Sumut. Dari hasil audit penyidikan kasus ini, jabatan seorang polsek dicopot akibat tidak professional.

2. Semarang Barat, Jawa Tengah

Seorang pedagang usaha kaki lima yang juga merupakan anggota Polrestabes Semarang dikeroyok oleh 10 anggota Satuan Polisi Pamong Praja Kota Semarang. Kejadian ini terjadi saat penertiban pedagang pada 26 Juni 2016 di Jalan Pahlawan Semarang.

Diawali dengan adu mulut dengan korban karena barang dagangannya di angkut, Satpol PP justru melakukan pengeroyokan yang berujung pada penganiayaan. Kejadian ini menyebabkan korban mengalami luka-luka di kepalanya.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1143 seconds (10.55#12.26)