DPR Sebut Masih Ada Ego Sektoral dalam Pengelolaan Data

Selasa, 05 Oktober 2021 - 14:31 WIB
loading...
DPR Sebut Masih Ada Ego Sektoral dalam Pengelolaan Data
Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia Tandjung saat berada di kantor Dinas Dukcapil Kota Bekasi, Senin (4/10). Foto: Istimewa
A A A
BEKASI - Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Prof Zudan Arif Fakrulloh, membeberkan langkah-langkah yang telah dilakukan Kemendagri untuk membangun era satu data di Indonesia.

Hal itu Zudan jelaskan saat mendampingi Kunjungan Kerja Komisi II DPR RI ke Kantor Dinas Dukcapil Kota Bekasi, Senin (4/10/2021). Turut hadir Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia Tandjung, beserta rombongan, dan Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, beserta jajaran.



“Saat ini kita sering kali masih terhambat oleh adanya ego-ego sektoral, setiap instansi memiliki databasenya sendiri sehingga penanggulangan berbagai masalah sering bermuara pada tidak adanya data yang valid, sistematis, dan akurat,” papar Doli.

“Oleh karena itu, jika saya ditanya instansi mana yang harus maju sebagai integrator data? Bila tidak ingin mengusik ego sektoral, maka dibentuk suatu badan khusus yang bertanggung jawab pada Presiden. Namun bila berbicara yang existing, maka Kemendagri ini lah yang harusnya menjadi integrator satu data,” pungkasnya.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1292 seconds (0.1#10.140)