Pengunjung Padati Obyek Wisata Alam Bukit Alas Bandawasa

Selasa, 02 Juni 2020 - 09:36 WIB
loading...
Pengunjung Padati Obyek Wisata Alam Bukit Alas Bandawasa
Lokasi kemah atau camp area Bukit Alas Bandawasa di Desa Pasir Jaya, Cigombong, Kabupaten Bogor yang sedang nge-hits karena sunrise view, mendadak viral media sosial, Minggu (31/5/2020). Foto/Instagram
A A A
BOGOR - Lokasi kemah atau camp area Bukit Alas Bandawasa di Desa Pasir Jaya, Cigombong, Kabupaten Bogor yang sedang nge-hits karena sunrise view, mendadak viral media sosial, Minggu (31/5/2020). Penyebabnya, lautan tenda yang memadati camp area seluas 27 hektar tersebut diduga mengabaikan protokol kesehatan, social/physical distancing pada masa Penerapan Pembatasan Sosial Berskala (PSBB).

Praktis, beredarnya foto-foto kepadatan di Camp Area milik seorang tokoh masyarakat setempat menuai reaksi para netizen. Terlebih pemandangan padatnya tenda yang dipotret menggunakan drone ini banyak di posting ulang oleh sejumlah akun media sosial Instagram penggiat/penghobi alam bebas.

"Lah ini serius? Corona tertawa melihat ini," keterangan foto akun Instagram @jejak_pendaki yang me-repost foto milik @sk.adventure88 dengan caption kepadatan bukit alas Bandawasa hari ini. (Baca juga; Kopi Robusta Pangandaran Bikin Peredaran Darah Lancar dan Tingkatkan Stamina )

Ragam komentar keluar dari para netizen, "pejuang garda terdepan menangis melihat ini:(," kata @feryfdr, tak hanya itu ada juga yang komentar "sy kerja di RS liat pasien PDP aja ngeri2 sedep. Lah ini malah seenaknya ngumpul kek gini, duh gusti," ujar @bana_sum41.

Bahkan Pegiat Alam Bebas Willy Kurniawan di akun Instagram nya juga memposting ulang pemandangan abainya pengelola maupun masyarakat terhadap pentingnya social distancing di masa Pandemi Covid-19. "Apakah akan muncul cluster camping? Luar biasa memang penggiat alam +62," komentarnya dalam akun @willykurniawanid

Pemkab Bogor melalui Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bogor akhirnya resmi menutup obyek wisata alam Bukit Alas Bandawasa, Desa Pasir Jaya, Cigombong, Kabupaten Bogor, Senin (1/6/2020).

Juru Bicara Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bogor Syarifah Sofiah mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan informasi dan laporan terkait kerumunan massa berupa kepadatan tenda di camping area Bukit Alas Bandawasa.

"Izin menyampaikan info dari dinas pariwisata hasil monitoring wisata alam Bukit Alas Bandawasa, sudah ditutup kemarin tanggal 31 mei 2020," kata Syarifah dalam pernyataan tertulisnya, Senin (1/6/2020). (Baca juga; Bayar Rp10.000 Minta Full Tank, Gerombolan Pelajar Mabuk Aniaya Petugas SPBU )

Tak hanya itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) itu mengatakan pihaknya juga sudah melakukan pemantauan ulang dan memeriksa kelengkapan dokumen perizinannya.

"Kebetulan hari ini ada pemantauan ulang di lokasi, bersama Polsek, Koramil, dan kecamatan dan lokasi kosong tidak ada pengunjung. Tempat tersebut baru dan tidak berizin (ilegal)," ungkapnya. Sekadar diketahui, di lokasi area berkemah sebetulnya pengelola sudah memasang spanduk peringatan bertuliskan tentang patuhi protokol kesehatan di masa PSBB.
(wib)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1565 seconds (10.177#12.26)