Bermalam di Ranupani Lumajang, Sandiaga: Desa Wisata Bisa Bangkitkan Ekonomi Masyarakat

Senin, 20 September 2021 - 11:41 WIB
loading...
Bermalam di Ranupani Lumajang, Sandiaga: Desa Wisata Bisa Bangkitkan Ekonomi Masyarakat
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (tengah) dan anggota DPR RI dapil Jember-Lumajang, Muhamad Nur Purnamasidi (kanan) saat meninjau Desa Wisata Ranupani, Lumajang, Jawa Timur.Foto/ist
A A A
LUMAJANG - Keberadaan desa wisata menjadi salah satu katalisator untuk membangkitkan perekonomian masyarakat. Pernyataan ini disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat mengunjungi Desa Wisata Ranupani, Lumajang, Jawa Timur.

Sandiaga membuktikan sendiri saat bermalam di desa wisata yang masuk pemenang 50 destinasi Anugerah Desa Wisata tersebut. "Saya merasakan sendiri bermalam di sini dengan hawa dingin, homestay dan toilet yang bersih, pemandangan indah dan masyarakatnya ramah," kata Sandiaga Uno , Minggu (19/9/2021).

Baca juga: Wagub Emil Sebut Sektor Pertanian Harus Miliki Sudut Pandang Agribisnis Policy

Menteri yang hobi berlari tersebut berharap, desa wisata di Lumajang ini menjadi destinasi unggulan dan bisa berkesinambungan. "Secara geografis berada dalam satu kawasan pengembangan destinasi wisata superprioritas, yakni kawasan Bromo, Tengger, Semeru," tambahnya.

Hadir dalam kesempatan itu anggota DPR RI dapil Jember dan Lumajang, Muhamad Nur Purnamasidi. Menurut anggota DPR dari Partai Golkar ini, secara nasional Jatim memiliki 6 desa wisata yang berhasil dipilih dari 1.300 desa. Salah satunya adalah Desa Ranupani ini.

Baca juga: Tragis! Bapak dan Anak Tewas Keracunan BBM Ilegal di Tangki KM Ryan Jaya 5

Purnamasidi berharap pengembangan desa wisata tidak berbasis pada industri wisata, tetapi membangun komunitas desa wisata. "Dengan demikian, kolaborasi dan sinergi dalam membangun ekosistem pariwisata bisa mempunyai kekhasan dan keunikan," ujar politisi yang akrab disapa Bang Pur ini.

Dia juga mengingatkan keberadaan desa wisata tidak meninggalkan nilai-nilai serta tradisi kearifan lokal. "Ke depan, desa wisata saya harapkan bisa terintegrasi dan menjadi satu paket dengan destinasi wisata yang ada di lintas kabupaten dan kota," pungkasnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7138 seconds (0.1#10.140)