Apes! Rumah Seorang Nenek Hangus Terbakar Akibat Korsleting Listrik

Jum'at, 17 September 2021 - 11:13 WIB
loading...
Apes! Rumah Seorang Nenek Hangus Terbakar Akibat Korsleting Listrik
Rumah Nenek Rosani usai dilalap si jago merah. Foto istimewa.
A A A
BANGKA TENGAH - Sebuah rumah kayu milik seorang Nenek bernama Rosani (76) yang berada di Jl. Safri Rahman, RT 3, Kelurahan Koba, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah ludes terbakar pada Kamis (16/9/2021) siang sekitar pukul 14.13 WIB. Sumber api yang menyebabkan rumah tersebut terbakar diketaui berasal dari percikan api akibat korsleting listrik .

Kejadian bermula saat korsleting listrik di bagian atas bangunan rumah yang telah dialihfungsikan sebagai gudang. Percikan api yang ditimbulkan akibat korsleting listrik itu dengan mudah membakar bagian atas rumah yang terbuat dari kayu.

"Penyebabnya arus pendek. Api berawal dari bagian atas rumah yang mana terdapat kabel listrik. Korsleting listrik ini menimbulkan percikan api dan dengan mudah membakar bagian atas rumah. Di mana di bagian atas rumah terdapat bahan yg mudah terbakar seperti kapuk bekas bantal dan kondisi rumah yang sudah tua ditambah sebagian besar rumah berbahan dasar kayu," ujar Kepala Bidang Damkar Bangka Tengah, Syafaruddin, Kamis (16/09/2021).

Sementara itu, personel Damkar Kabupaten Bangka Tengah dengan sigap melakukan upaya pemadaman, sehingga api tidak menghanguskan seluruh bagian rumah. Baca Juga: 3 Rumah Ludes Terbakar di Jambi, Api Diduga Berasal Dari Korseleting Listrik

"Sebelumnya kita mendapatkan laporan kejadian kebakaran dari warga pada pukul 14.13 WIB. Dari laporan tersebut kita menerjunkan personel Pemadam Kebakaran (Damkar) dan tiba di lokasi kebakaran tujuh menit kemudian. Tim Damkar pun langsung melakukan upaya pemadaman dan saat ini tim kita telah berhasil melakukan pemadaman dan pendinginan di tempat kebakaran sampai selesai," ujarnya.

Beruntug kejadian ini tidak menimbulkan korban jiwa. Namun, kerugian materil sebesar kurang lebih Rp15 juta. "Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini dan untuk kerugian materil ditaksir Rp15 juta," pungkasnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2293 seconds (0.1#10.140)