Gempa Tektonik Dangkal Guncang Waingapu, Masyarakat Diimbau Tetap Tenang

Kamis, 09 September 2021 - 15:15 WIB
loading...
Gempa Tektonik Dangkal Guncang Waingapu, Masyarakat Diimbau Tetap Tenang
Wilayah Waingapu, NTT, kembali diguncang gempa bumi bermagnitudo 4,5. Foto/Dok.BMKG
A A A
WAINGAPU - Gempa bumi mengguncang wilayah Waingapu, NTT, Kamis (9/9/2021) sekitar pukul 14.55 WITA. Guncangan gempa bumi tersebut bermagnitudo 4,5. Pusat gempa berada pada koordinat 9,73 LS, dan 120,72 BT, tepatnya berada di tengah laut berjarak 51 km tenggara Waingapu, dengan kedalaman 59 km.

Baca juga: Gempa Bumi M 5,3 Guncang Nabire Papua

Menurut hasil analisa BMKG, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi tektonik dangkal, akibat adanya aktifitas subduksi lempeng Indo-Australia di bawah lempeng Eurasia.



Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat, berupa guncangan dirasakan di wilayah Waingapu II-III MMI. "Seperti ada truk besar lewat. Saya sempat menyangka sedang pusing kepala, ternyata ada gempa," ujar seorang warga Waingapu, Rio.

Baca juga: Pemandu Lagu Cantik Dibunuh Selingkuhannya Usai Asyik Berhubungan Badan

Hingga saat ini belum ada laporan kerusakan sebagai dampak dari gempa bumi tersebut. Hasil permodelan tsunami dengan sumber gempa bumi tektonik, menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami. Hasil monitoring BMKG, belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

Baca juga: Pandemi COVID-19 Membuat Ko Heri Tinggalkan Dunia Pariwisata Beralih Jualan Parfum Keliling

Masyarakat diimbau agar tetap tenang, dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya. Masyarakat juga diminta menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat oleh gempa, serta memastikan keamanan bangunan sebelum masuk ke dalam rumah.
(eyt)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2626 seconds (11.252#12.26)