Lamongan Satu-satunya Daerah di Pulau Jawa Berstatus PPKM Level 1

Rabu, 08 September 2021 - 13:01 WIB
loading...
Lamongan Satu-satunya Daerah di Pulau Jawa Berstatus PPKM Level 1
Lamongan menjadi satu-satunya daerah di Pulau Jawa berstatus PPKM Level 1 berdasarkan data assesment situasi Kabupaten/Kota dari Kemenkes per 6 September. Foto/SINDOnews/Lukman Hakim
A A A
SURABAYA - Lamongan menjadi satu-satunya daerah di Pulau Jawa yang berstatus PPKM Level 1. Ini berdasarkan data assesment situasi Kabupaten/Kota dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) per 6 September.

"Alhamdulillah, Jawa Timur menjadi satu-satunya provinsi yang memiliki kabupaten/kota pada level 1 sesuai assesment yang dilakukan Kemenkes yaitu Lamongan. Terima kasih kekompakan dari semua pihak, termasuk bupati/wali kota bersama Forkopimda se-Jatim, nakes dan sebagainya,” ujar Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa di Surabaya, Rabu (8/9/2021).

Dari assesment PPKM yang dilaksanakan mulai 1 Agustus sampai 6 September tersebut, tercatat Level 2 ada di 16 kabupaten/kota.

Baca juga: Jokowi Sebut Ada 1 Daerah di Luar Jawa-Bali Masuk PPKM Level 1

Di antaranya, Tuban, Sumenep, Situbondo, Sidoarjo, Sampang, Probolinggo, Pasuruan, Pamekasan, Kota Surabaya, Kota Pasuruan, Gresik, Bondowoso, Bojonegoro, Banyuwangi, dan Bangkalan.

Sementara Level 3 tercatat 19 kabupaten/kota yaitu Kab. Tulungagung, Trenggalek, Pacitan, Ngawi, Nganjuk, Mojokerto, Malang, Madiun, Lumajang, Kota Probolinggo, Kota Mojokerto, Kota Malang, Kota Madiun, Kota Kediri, Kota Blitar, Kota Batu, Kediri, Jombang, dan Blitar.

Baca juga: Pengakuan 6 Oknum Prajurit Raider yang Menyebabkan Prada Chandra Meninggal

Sedangkan Level 4 terdapat di 2 kabupaten/kota. Di antaranya, Ponorogo dan Magetan.

Khofifah menambahkan, berbagai unsur dalam penanganan COVID-19 juga mengalami perbaikan, yaitu tren kasus positif, tren rawat inap, tren kematian, tren positivity rate, dan tren BOR yang semuanya mengalami penurunan.

Sementara dari tren tracing mengalami peningkatan. Tren kasus positif Jatim mengalami penurunan dari 115,7 menjadi 13,68 kasus per 100.000 penduduk/minggu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1236 seconds (0.1#10.140)