Empat Anggotanya Tewas Diserang Kelompok Separatis, Pangdam Kasuari Berang

Kamis, 02 September 2021 - 15:49 WIB
loading...
Empat Anggotanya Tewas Diserang Kelompok Separatis, Pangdam Kasuari Berang
Pangdam Kasuari marah karena 4 personelnya tewas diserang kelompok separatis. Foto SINDOnews
A A A
MANOKWARI - Panglima Kodam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa dengan tegas memerintahkan personelnya untuk mengejar dan tangkap pelaku penyerangan Pos Koramil persiapan Kisor, Distrik Sifat Selatan, Kabupaten Maybrat.

Bahkan dengan tegas Pangdam mengatakan pihaknya akan menindak tegas kelompok penyerang tersebut. Pangdam, dalam keterangan pers di Makodam Kasuari sempat menggebrak meja meluapkan emosinya atas meninggalnya empat prajurit TNI .

“Saya telah memerintahkan Dankolakops Korem 181/PVT untuk melakukan pengejaran terhadap pelaku. Kalua mereka berani, kita hancurkan,” tandas Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, ketika menggelar konferensi pers, Kamis (2/9/2021) di Markas Kodam XVIII/Kasuari.

Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa membenarkan bahwa telah terjadi penyerangan sekelompok orang terhadap personel di Pos Koramil persiapan Kisor Distrik Sifat Selatan Kabupaten Maybrat yang menyebabkan 4 personel TNI meninggal dunia dan 2 mengalami luka bacok dan 5 personel lainnya berhasil mennyelamatkan diri.

“Pada hari ini, Kamis 2 September 2021 sekitar pukul 04.00 WIT telah terjadi penyerangan terhadap Pos Koramil persiapan Kisor Distrik Sifat Selatan, Kabupaten Maybrat yang diduga dilakukan oleh Kelompok Separatis Teroris (KST) dengan menggunakan senjata tajam/parang yang mengakibatkan 4 orang gugur, 2 orang luka bacok, 5 orang dalam keadaan aman dan selamat,” bebernya.

Atas insiden ini, Pangdam langsung memerintahkan personel TNI menduduki lokasi kejadian untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat, sembari mengejar para pelaku.

Pangdam mengaku sejauh ini situasi keamanan teritorial di Papua Barat masih terbilang aman dan kondusif. Komunikasi yang dilakukan oleh personel TNI di Kisor Maybrat juga berjalan baik dan kehadiran TNI juga disambut positif oleh masyarakat.

“Situasi dan kondisi wilayah Papua Barat selama ini secara umum aman dan kondusif. Seiring dengan pemekaran wilayah, sehingga Kodam juga pengembangan organsiasi sampai ke tingkat Koramil dalam rangka kehadiran negara di pelosok dan pedalaman untuk menjaga stabilitas keamanan dan pembinaan wilayah,” ujar Pangdam.

Cantiasa memastikan bahwa, hingga siang menjelang sore ini situasi di kampung Kisor tepatnya di lokasi kejadian sudah berangsur kondusif. Para korban meninggal dunia maupun luka-luka juga kini sudah di tangani.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3734 seconds (0.1#10.140)