Program Celengan Bekali Generasi Muda Kecakapan Literasi Keuangan

Rabu, 18 Agustus 2021 - 21:35 WIB
loading...
Program Celengan Bekali Generasi Muda Kecakapan Literasi Keuangan
Webinar finansial literasi. Foto istimewa
A A A
SERANG - Pendidikan literasi keuangan sangat penting bagi generasi muda saat ini untuk menyiapkan masa depannya. Para generasi muda perlu dibekali bagaimana cara mengelola keuangan yang bijak dan sesuai dengan tujuannya.

Data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2019 menunjukkan indeks literasi keuangan mencapai 38,03 persen dan indeks inklusi keuangan 76,19 persen. Mencermati kondisi tersebut, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menghadirkan berbagai program literasi keuangan bagi generasi muda. Salah satunya adalah program Cerdas Kelola Keuangan atau Celengan.

"Sebanyak 500 rekening Simpel (simpanan pelajar) telah dibagikan kepada siswa-siswi SMAN 3 Serang pada Kamis (12/08/2021) lalu. Pembagian rekening simpel merupakan bagian dari program Cerdas Kelola Keuangan atau Celengan yang diselenggarakan BCA," kata Kepala KCU Serang Kusjanto Widjaja, Rabu (18/8/2021).

Widjaja mengatakan, pihaknya juga menggelar berbagai webinar finansial literasi untuk mendidik serta memberikan pemahaman mengenai cara mengelola keuangan yang bijak. “Stigma bahwa keuangan merupakan hal yang tabu bagi orang tua dan anak saat ini sudah bisa teratasi dengan hadirnya berbagai program literasi keuangan," ungkap Widjaja.

Program Celengan, lanjutnya, merupakan bentuk tindak lanjut dari program OJK yaitu KEJAR Satu Rekening Satu Pelajar. Bentuk aksi nyata yang dilakukan pihaknya kali ini adalah penyerahan rekening Simpel kepada 500 pelajar SMAN 3 Serang. Pemberian rekening tersebut, jelasnya, merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran siswa-siswi agar mulai membudayakan menabung sejak usia dini.

"Mmenanamkan budaya menabung sejak dini dapat memberikan banyak manfaat, antara lain mendidik untuk belajar disiplin, membentuk pola pikir untuk lebih menghargai uang, dan menghindari perilaku konsumtif,” tegasnya.

Sebagai informasi, sejumlah sekolah binaan BCA telah menerima rekening Sumpel. Di Kota Serang antara lain SMAN 3, SMPN 6 dan beberapa sekolah di Gunungkidul yaitu SMPN 1 Karangmojo, SMPN 1 Semanu, SMPN 1 Ponjong dan SMAN 1 Karangmojo.

“Harapannya, kegiatan ini dapat meningkatkan literasi finansial di masyarakat khususnya generasi muda. Semoga siswa-siswi yang menerima rekening Simpel dapat memanfaatkan rekening tersebut dengan baik dan semakin mengenali dunia perbankan,” tutup Widjaja.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1616 seconds (0.1#10.140)